Stabilitas Sistem Keuangan Sultra Tumbuh Positif – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Stabilitas Sistem Keuangan Sultra Tumbuh Positif

Kepala KPw BI Sultra, Suharman Thabrani memberikan pemaparan di hadapan para responden survei BI, beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Stabilitas sistem keuangan di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada triwulan I tahun 2020 masih tetap terjaga dengan baik. Kondisi tersebut terlihat dari kredit perbankan di Sultra yang masih menunjukkan pertumbuhan yang positif yaitu sebesar 9,4 persen (yoy).

“Sistem keuangan di Sultra pada triwulan I masih terjaga. Kredit perbankan masih tumbuh positif dengan tingkat risiko yang tetap terjaga. Hal ini tercermin dari Non-Performing Loan (NPL) yang tercatat sebesar 2,7 persen atau di bawah batas atas 5 persen,” ujar Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sultra, Suharman Thabrani, kemarin.

Dijelaskan, pertumbuhan kredit tertinggi dicatat oleh kredit modal kerja, diikuti kredit konsumi dan kredit investasi yang masing-masing tumbuh sebesar 10,8 persen (yoy), 9,4 persen (yoy) dan 7,4 persen (yoy). Dengan pertumbuhan tersebut, komposisi kredit di Sultra masih didominasi oleh kredit konsumsi diikuti kredit modal dan kredit investasi dengan porsi masing-masing sebesar 63,2 persen, 26,5 persen, dan 10,3 persen.

Sementara itu dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) masih menunjukkan pertumbuhan positif sebesar 1,4 persen (yoy) lebih rendah dibandingkan pertumbuhan triwulan sebelumnya. Perlambatan pertumbuhan DPK terutama disebabkan oleh penurunan pertumbuhan deposito, melanjutkan pola penurunan yang mulai terjadi di akhir 2017.

Adapun masih lambatnya pertumbuhan giro, kata Suharman, ditengarai karena belum terlaksananya transfer dari pemerintah pusat secara penuh. Dengan pertumbuhan tersebut, DPK di Sultra masih didominasi oleh tabungan dengan porsi sebesar 52,8 persen, diikuti deposito 25,7 persen dan giro 21,5 persen. Pertumbuhan DPK yang lebih rendah dibandingkan pertumbuhan kredit mengakibatkan loan to deposits ratio (LDR) perbankan di Sultra meningkat cukup signifikan menjadi sebesar 123,9 persen.

“Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa kredit perbankan di Sultra masih banyak diperoleh dari sumber pendanaan atau kantor perbankan di luar Sultra,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy