Soal Pilkada 9 Desember 2020 : Gerindra Setuju, Demokrat Sultra Menolak – Kendari Pos
Politik

Soal Pilkada 9 Desember 2020 : Gerindra Setuju, Demokrat Sultra Menolak

KENDARIPOS.CO.ID — Walaupun Pilkada digelar 9 Desember 2020 sesuai kesepakatan pemerintah pusat, DPR RI dan KPU RI namun elit partai politik (parpol) di daerah masih pro-kontra. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sultra menolak Pilkada digelar tahun ini, sedangkan DPD Gerindra Sultra setuju dengan keputusan pemerintah.

Muhammad Endang

Ketua DPD Demokrat Sultra Muhammad Endang mengaku kebingungan melihat kondisi dan inkonsisten informasi yang disampaikan pemerintah tentang jadwal Pilkada. Apalagi Pilkada akan digelar di masa pandemi yang tentunya membuat resah masyarakat.

“Sebelumnya pemerintah menyampaikan bahwa jika pandemi Covid-19 belum mereda atau Kementrian Kesehatan belum menyatakan aman sampai akhir bulan Mei, maka Pilkada dilaksanakan tahun 2021. Sekarang pemerintah memutuskan Pilkada dilaksanakan Desember,” ungkap wakil Ketua DPRD Sultra ini.

Menurutnya Pilkada 9 Desember sangat berisiko terhadap keselamatan masyarakat dan penyelenggara. Termasuk memengaruhi kualitas hajatan demokrasi.

Sementara itu, Sekertaris DPD Gerindra Safarullah tak sependapat dengan Demokrat. Kata dia, pihaknya akan mengikut putusan pemerintah untuk menyelenggarakan Pilkada walaupun dalam keadaan khawatir pandemi.

Meski wabah tak mereda, kata dia, Pilkada tetap berlangsung dengan mengikuti protokol kesehatan. “Tetap kita utamakan kesehatan dan keselamatan. Kita tetap ikut dengan ketetapan pemerintah,” ujarnya.

Secara terpisah, Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo (UHO) Najib Husain menilai Pilkada lebih aman bila digelar Maret 2021. Pertimbangannya tidak tergesa-gesa dan juga tidak terlalu lama. Termasuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan publik serta kualitas hasil pemilu jauh lebih terjaga. “Apalagi ini adalah pesta bagi rakyat, dan bukan pesta bagi pemerintah atau elit tertentu saja. Masa ada pesta dalam suasana kecemasan?” argumentasinya. (m3/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy