SMKN 1 Kendari Fokus Kembangkan Jurusan Industri dan Ritel – Kendari Pos
Edukasi

SMKN 1 Kendari Fokus Kembangkan Jurusan Industri dan Ritel

SMKN 1 Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Bursa kerja yang kompetitif, menuntut sumberdaya manusia terampil dan inovatif, tentu saja mengharuskan sekolah kejuruan hingga lembaga pendidikan untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya. Di SMKN 1 Kendari selalu melakukan survei kebutuhan kerja.
Perkembangan pasar global, juga menjadi perhatian SMKN 1 Kendari sehingga dalam menerapkan kurikulum pun disesuaikan dengan kebutuhan zaman. Tak heran bila akhirnya sejumlah jurusan yang tidak produktif pun dipangkas. Hal itu diungkapkan Kepala SMKN 1 Kendari Ali Koua, kemarin.
Kata dia, pihaknya telah melakukan pengurangan jumlah kelas atau siswa untuk jurusan yang memang sudah sangat susah bersaing didunia kerja. Pihaknya fokus membuka jurusan yang dibutuhkan oleh pasar kerja.
“Kita kurangi Jurusan Perkantoran dan akuntansi, untuk apa membuka banyak penerimaan kalau sudah sangat susah bersaing di dunia kerja. Ini justru akan menambah jumlah penganggur, kita fokus itu sekarang mengembangkan kelas industri dan ritel yang lagi diminati oleh pasar global,” terang Ali Koua.
Diakuinya, meski telah membuka jurusan-jurusan inovatif dan sesuai pasar kerja. Nyatanya tak sedikit orang tua siswa yang ingin memasukan anaknys ke jurusan yang tidak produktif lagi. “Memang masih banyak yang cuma melihat tren atau kepopuleran dari jurusan tersebut tanpa melihat peluang kerja ke depannya seperti apa. Inilah yang perlu diubah oleh masyarakat dan juga siswa sendiri, mereka harus jeli melihat peluang kerja dan paham apa yang harus digeluti untuk memperoleh kerja impiannya,” beber Ali Koua.
Ia pun berharap, dengan membuka jurusan yang dibutuhkan oleh pasar global, seperti Jurusan Industri dan Ritel, tentu ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang besar serta akses seluas-luasnya bagi siswa ke depannya.
“Memang kami membuka jurusan industri dan ritel, bukan hanya sebatas membuka jurusan itu. Namun, kami langsung turun bekerjasama dengan pihak industri, seperti Lippo, Maxcell, Hypermart dan masih ada beberapa lagi. Ini juga pasti menjamin alumni SMKN 1 Kendari, utamanya mereka yang memiliki potensi dibidangnya masing-masing pasti akan direkrut mitra kami,” tutup Kepala SMKN 1 Kendari ini. (b/m5).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy