SMAN 9 Kendari Terapkan E-Learning Berbasis MOODLE – Kendari Pos
Edukasi

SMAN 9 Kendari Terapkan E-Learning Berbasis MOODLE

Siswa SMAN 9 Kendari saat mengikuti proses belajar mengajar di kelasnya, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID –Guna mengefektifkan kegiatan belajar mengajar (KBM), SMAN 9 Kendari gunakan E-Learning berbasis MOODLE. Kepala SMAN 9 Kendari Abdul Rahman mengatakan, E-Learning berbasis MOODLE merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat dimodifikasi sekolah dan diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet, yang dilengkapi Mara Pelajaran (Mapel) sampai sistem pembuatan soal.
Jadi, kata dia, guru bisa membawakan materi ke siswa melalui bentuk narasi atau video, untuk memberikan Pekerjaan Rumah (PR).

“Jadi dengan E-Learning, semua proses pembelajaran satu pintu dan dapat dipantau. Misal, frekuensi masuk guru dan siswa, KBM, evaluasi guru, nilai siswa otomatis diinput sistem, serta pelaporan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) lebih efektif,” ujarnya, Rabu (13/5).

Kalau sekolah tidak menggunakan E-Learning, sambung dia, bisa dipastikan kewalahan dengan pelaporan, karena aplikasi yang digunakan warga sekolah berbeda-beda.
“Saat ini, kita tidak kesusahan mengumpulkan data guru dan siswa dalam KBM, operator sekolah bisa langsung mengambil bukti fisiknya,” ucapnya.

Sementara itu, Operator SMAN 9 Kendari Jafar menuturkan, sistem kerja E-Leaning ini siswa cukup login memasukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), begitu pun dengan guru cukup memasukan Nomor Induk Pegawai (NIP). “Setelah login ke E-Learning, siswa sudah dapat mengakses berbagai bahan ajar yang dibutuhkan. Dan guru dapat membawakan materi, baik dalam bentuk narasi maupun video,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy