SMAN 9 Kendari Pastikan Tidak Ada CSB Letjen – Kendari Pos
Edukasi

SMAN 9 Kendari Pastikan Tidak Ada CSB Letjen

H. Abd. Rahman M., S.Pd.I., M.Si.

KENDARIPOS.CO.ID — Penerimaan calon siswa baru (CSB) biasanya diwarnai dengan isu praktik jual beli kursi atau lazim dikenal “lewat jendela” atau letjen. Menyikapi hal itu, pihak SMAN 9 Kendari melakukan seleksi CSB sesuai syarat yang telah ditentukan secara terbuka.

Hal itu diungkap Kepala SMAN 9 Kendari, H. Abd. Rahman M., S.Pd.I., M.Si., kemarin. Katanya, pihaknya hanya menerima CSB sesuai standar yang telah ditetapkan dan dirinya memastikan tidak ada penerimaan siswa melalui jalur khusus atau letjen.

“Kami menerima, menyeleksi siswa itu berdasarkan dengan aturan yang sudah ditetapkan. Kami pun tegaskan hanya menerima calon siswa baru sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan serta dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa itu. Apakah layak kami terima atau tidak,” tukas Abd. Rahman, Senin (18/5).

Lanjutnya, dalam penerimaan siswa baru ini juga pihaknya menyiapkan sembilan kelas yang akan diisi oleh calon siswa baru. Setiap kelas diisi 36 siswa. Ini sesuai dengan kuota yang tersedia di SMAN 9 Kendari.

“Kuota siswa baru tahun ajaran 2020/2021 kami siapkan 324 siswa. Jumlah ini tentunya sudah memenuhi kouta yang kami butuhkan karena kami sesuaikan juga dengan jumlah yang tamat ditahun ini tentunya,” tambahnya.

Ia pun berharap, dalam penerimaan CSB tidak ada lagi yang namanya jalur tanpa tes atau Letjen karena hal ini sudah sangat melanggar aturan. Ia dengan tegas dis ekolah yang dipimpinnya tidak akan terjadi praktik tersebut.

“Saya selalu mengingatkan kepada guru-guru untuk tidak melakukan hal-hal yang berbaur seperti itu selama penerimaan CSB berlangsung. Saya sebagai penanggung jawab terus memperingati akan hal itu, dan insyaa Allah jalur khusus yang tidak sesuai aturan tidak akan ada di sekolah kami,” pungkasnya. (b/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy