Sidak Hari Kedua, Wagub Lukman Puas Kehadiran ASN – Kendari Pos
Metro Kendari

Sidak Hari Kedua, Wagub Lukman Puas Kehadiran ASN

Wagub Sultra, H Lukman Abunawas (baju dinas hijau tua) didampingi Kepala BKD Sultra, La Ode Mustari (kiri) melakukan sidak di sejumlah kantor OPD kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Hari kedua pasca libur lebaran, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas melakukan inspeksi mendadak (sidak). Didampingi Kepala Inspektorat Sultra, Gusti Pasaru dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, La Ode Mustari, Wagub mengunjungi 18 kantor OPD. Ia ingin memastikan peringatan gubernur agar ASN tak menambah-nambah waktu libur lebaran benar-benar efektif.

Sidak di awali di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sultra. Wagub lalu mengunjungi setiap ruangan untuk mengecek kehadiran pegawai. Tak lupa, ia mengecek daftar absensi. Di DKP, ia cukup puas sebab tingkat kehadiran cukup baik. Ia lalu beranjak ke Dinas Ketahanan Pangan hingga Badan Pendapatan Daerah (Bapenda). Hasilnya, tingkat kehadiran ASN tak jauh beda dengan di DKP.

“Kehadiran ASN di hari pertama dan kedua mencapai 90 persen. Memang ada beberapa kantor yang terlihat lengang lantaran diberlakukan shift-shifan. Jadi pegawai yang masuk kemarin ada juga yang tidak masuk hari ini (kemarin). Di hari pertama, kami juga melakukan sidak namun khusus di sekretariat daerah (Setda),” ujarnya di sela-sela Sidak kemarin.

Pada perayaan Idul Fitri tahun ini sambungnya, pemerintah melarang mudik untuk para ASN sebab tidak ada cuti bersama. Sejauh ini, ia belum ada laporan mengenai ASN yang melakukan mudik. Lagipula, sejak awal juga sudah ditekankan bagi ASN yang tetap mudik saat lebaran, sanksi penundaan keanaikan pangkat hingga penurunan pangkat menanti.

“Instruksi ini berlaku bagi seluruh ASN lingkup Pemprov Sultra, tanpa terkecuali. Alhamdulillah, dua hari saya melakukan sidak belum ada laporan ASN yang mudik. Kalaupun ada, biasanya karena urgentsial misalnya orang tuanya sakit. Ada juga karena keluarga yang kena musibah. Tetapi umumnya saya lihat, 95 persen tidak ada yang mudik,” terangnya.

Ia meminta pegawai yang datang berkantor tetap menerapkan physical distancing atau jaga jarak. Selain itu, gunakan masker, rajin cuci tangan, ikuti arahan pemerintah terkait protokol kesehatan yang telah di tetapkan. Upaya ini tak lain demi terhindar dari penyebaran Covid-19. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy