Siap-siap, Pemkot Kendari Bakal Salurkan Jamsos Rp 300 Per KK – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Siap-siap, Pemkot Kendari Bakal Salurkan Jamsos Rp 300 Per KK

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya sembako, Pemkot Kendari bakal menyalurkan bantuan tunai bagi warga yang terdampak covid-19. Dana jaminan sosial (Jamsos) akan diberikan bagi warga kurang mampu, nelayan, pedagang, karyawan yang dirumahkan atau PHK hingga karyawan yang kena pemotongan gaji. Setiap Kepala Keluarga (KK) akan menerima bantuan tunai sebesar Rp 300 ribu.

“Kami bekerjasama dengan Bank Sultra untuk penyaluran jaminan sosialnya. Jadi ada uang cash kami berikan kepada 300 per KK terdampak,” kata Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, kemarin.

Pemkot kata dia, telah melakukan pendataan dan berhasil menjaring sekira 8.000 – 10.000 penerima dana jamsos. “Berhubung dana Jamsos ini terbatas yang berasal dari realokasi APBD Kota, sehingga peruntukannya juga benar-benar kepada mereka yang mengalami kesulitan ditengah pandemi covid-19 saat ini. Khusus jamsos ini berhubung dananya dari daerah maka penerima wajib membuka rekening di Bank Sultra,” kata Sulkarnain.

Meski bantuan yang diberikan tidak begitu banyak, akan tetapi paling tidak bisa mengantisipasi sebelum bantuan dari pemprov dan pemerintah pusat diberikan. “Kami sudah konsultasikan ke pemprov dan pemerintah pusat sehingga penyalurannya tidak tumpang tindih,” tuturnya.

Selain itu, pemerintah masih akan menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Sebenarnya, ada 21 ribu KK yang diajukan Pemkot. Namun yang lulus diverifikasi dan divalidasi yang dilakukan Kemensos tinggal 10.515 KK. “Ini kan berarti hanya setengah masyarakat Kota Kendari yang membutuhkan yang akan dibantu,” ungkap Sulkarnain.

Penyaluran BST lanjut Sulkarnain, akan diserahkan langsung oleh pemerintah pusat kepada masyarakat terdampak. Akan tetapi, Politisi PKS itu berharap pemerintah pusat memberikan kewenangan kepada Pemda. Pasalnya, salah satu kesulitan warga di tengah pandemi covid-19 saat ini salah satunya berasal dari kebijakan social dan physical distancing serta pembatasan aktivitas warga selama 3 hari berturut-turut dari Pemkot beberapa waktu lalu. “Dampak ekonominya pasti ada,” kata Sulkarnain.
(b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy