Semua Sepakat, Salat Id di Rumah Saja – Kendari Pos
Bau-bau

Semua Sepakat, Salat Id di Rumah Saja

KENDARIPOS.CO.ID — Keputusan tentang penyelanggaraan salat Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi di Kota Baubau, disepakati. Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama Kota Baubau dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat telah melakukan pertemuan. Hasilnya, pelaksanaan salat Id digelar di rumah masing-masing. “Melihat keadaan dan laporan (dari Tim Gugus Covid-19), maka dari MUI memberikan imbauan agar supaya mengadakan salat Id di rumah. Semua itu dalam rangka menghindari penyebaran Covid. Itulah yang menjadi kesimpulan pertemuan kita,” kata Ketua Umum MUI Kota Baubau, K.H. Abdul Rasyid Syabirin usai pertemuan.

Senada dengan itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau, H. Rahman Ngkaali, menuturkan, telah disepakati melalui pertemuan MUI, Tim Gugus Covid-19 Baubau dan Kemenag jika salat Id dilaksanakan di rumah saja. “Selanjutnya Kemenag berusaha menyiapkan secara teknis panduan salat di rumah. Termasuk konsep khotbah singkat. Karena itu kami mengimbau umat Islam di Baubau untuk mematuhi keputusan MUI dan surat edaran Menteri Agama itu,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau, Roni Muhtar, mengungkapkan keputusan itu akan segera disosialiasikan ke masyarakat. “Kita akan barengi dengan penyampaian secara masif dan menyeluruh pada masyarakat,” ucapnya.
Sekretaris Kota (Sekot) Baubau itu berharap masyarakat dapat mengikuti apa yang telah menjadi keputusan pemerintah. “Ibadah ini adalah hak individu. Pemerintah hanya bisa menyampaikan pengaturan dan pemahaman. Tetapi untuk wujudnya kembali ke individu masing-masing. Kami hanya coba memberikan pemahaman dan penyadaran, sebaiknya di rumah saja,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy