Sembilan Ruas di Muna Diaspal, Satu Paket Ditunda – Kendari Pos
Muna

Sembilan Ruas di Muna Diaspal, Satu Paket Ditunda


KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah program pembangunan fisik yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Muna, ditunda akibat pandemi Covid-19. Diantara paket pekerjaan yang terdampak realokasi adalah proyek infrastruktur jalan, irigasi dan air bersih. Kebijakan tersebut merupakan turunan instruksi Pemerintah Pusat untuk pengalihan anggaran daerah dari pembangunan menjadi dana mitigasi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Muna, Edy Uga, menerangkan, pemerintah sebenarnya sudah menganggarkan Rp 31,6 miliar untuk pengaspalan 10 ruas jalan pada tahun ini. Program tersebut sudah termaktub dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dengan mata anggaran yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) 2020. Hanya saja, program tersebut mengalami perubahan akibat kebijakan refocusing.

“Dari 10 ruas jalan itu, setelah di realokasi maka satu ruas dipending. Sembilan paket lainnya tetap jalan. Saya kurang hafal ruasnya tetapi beberapa diantaranya poros Tampo, Oelongko dan Wakuru,” terang Edy Uga, kemarin. Satu ruas jalan yang ditunda pengerjaanya tersebut adalah poros jalan Wakadia. Pos anggarannya senilai R p3,6 miliar dialihkan menjadi dana percepatan penanggulangan Covid. Sementara sembilan poros lainnya senilai Rp 28 miliar akan segera dilelang. “Kita sudah akan mulai pekerjaannya untuk yang tidak terdampak,” terangnya.

Selain infrastruktur jalan, Dinas PUPR juga menunda program pembangunan sarana air bersih dan irigasi. Padahal sebelumnya, instansinya sudah menganggarkan Rp 8 miliar untuk pengerjaan air bersih di kawasan Muna Timur dan Watopute. Termasuk pembangunan sejumlah sarana irigasi senilai Rp 5 miliar di Kabawo dan Kabangka. Total anggaran PUPR yang mengalami realokasi mencapai Rp 16,6 miliar. “Jadi yang dialihkan itu memang belum dilelang,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy