Selama Ramadan, SMPN 1 Kendari Gelar Program Pendidikan Kekeluargaan – Kendari Pos
Edukasi

Selama Ramadan, SMPN 1 Kendari Gelar Program Pendidikan Kekeluargaan

Mahdin, M.Pd.


KENDARIPOS.CO.ID — Selama Ramadan tahun ini, Dikmudora Kendari menekankan sekolah fokus pada pengembangan dan pendidikan karakter. Menyikapi hal itu, pihak SMPN 1 Kendari mewujudkannya dengan membuat program pendidikan kekeluargaan.

“Kami memaksimalkan semua peran mulai dari guru-guru yang mengajar tentang pendidikan karakter, serta kami buat program pendidikan kekeluargaan yang melibatkan orang tua siswa. Dimana orang tua harus benar-benar aktif mengawasi dan turut mengajarkan anaknya selama proses pembelajaran pendidikan karakter,” terang Kepala SMPN 1 Kendari, Mahdin, S.Pd.,M.Pd., saat ditemui kemarin (12/5).

Dalam program pendidikan kekeluargaan ini, dirancang untuk melibatkan peran orang tua secara aktif dalam mengawasi serta mendidik anak mereka guna meningkatkan kepribadian serta karakter siswa.

“Tujuan program ini tak lain agar para orang tua siswa bisa ikut berperan aktif, karena merekalah yang memantau atau mengawasi anaknya dalam pembelajaran pendidikan karakter ini. Kami memberikan amanat pada orang tua murid untuk mengajarkan anaknya tentang keagamaan seperti yang belum bisa sholat, mengaji dan lainnya supaya diajarkan di rumah, tambahnya.

Proses pembelajaran pendidikan karakter ini memang harus selalu diawasi perkembangannya. Mengingat penerapannya dilaksanakan secara Daring atau online sehingga membutuhkan pengawasan orang tua siswa secara aktif dan disini peran orang tua harus benar-benar aktif. Salah satunya adalah kegiatan Ramadan dengan memberikan catatan kegiatan selama bulan puasa kepada orang tua siswa.

Sambung Mahdin, selama proses pembelajaran pendidikan karakter ini, pihaknya juga melakukan pengawasan mengenai kegiatan tersebut. “Kami membuat catatan kegiatan siswa selama proses pembelajaran pendidikan karakter, yang wajib ditanda tangani orang tua sebagai bukti dan bukti itu akan dikumpulkan nanti setelah bulan suci Ramadan selesai,” tutupnya. (b/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy