Selama Pandemi Covid-19 , Guru Tak Wajibkan Siswa Tuntaskan Kurikulum – Kendari Pos
Edukasi

Selama Pandemi Covid-19 , Guru Tak Wajibkan Siswa Tuntaskan Kurikulum

KENDARIPOS.CO.ID –Selama pandemi Covid-19 ini, seluruh peserta didik di Indonesia, termasuk Kota Kendari terpaksa melaksanakan proses pembelajaran di rumah dengan cara online atau Dalam Jaringan (Daring). Tergantinya proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka menjadi program jarak jauh inipun mau tidak mau harus dilakukan seluruh siswa. Untuk itu, dengan adanya perubahan mekanisme pembelajaran ini, para siswapun tidak diwajibkan untuk menuntaskan kurikulum yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Sartini Sarita mengungkapkan, selama pembelajaran Daring ini, para guru tidak boleh menuntut para siswa untuk menuntaskan capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan selama pandemi.

“Suasana belajar di rumah dengan disekolah jelas berbeda. Apa lagi, saat ini para anak-anak kita sedang dihadapkan pada kondisi yang sedang tidak baik. Untuk itu, para siswa tidak bisa dibebani dengan pelajaran sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” terangnya, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan bahas materi pembelajaran siswa selama pandemi Covid-19 ini, para guru dapat lebih memfokuskan siswa pada pendidikan karakter yang sesuai dengan kondisi serta minat para siswa. “Pembelajaran dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Bukan untuk meuntaskan seluruh capaian kurikulum,” tuturnya.

Untuk itu, para guru dan juga orang tua diminta untuk saling bersinergi, agar proses pembelajaran siswa dirumah tetap bisa berlangsung dengan lancar. “Orang tua diimbau untuk mendampingi dan memantau. Sedangkan guru diminta untuk mengarahkan,” terangnya.

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaann Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang dikeluarkan pada waktu lalu. “Semua aturannya sudah jelas. Kita sepenuhnya mengacu pada ketentuan dari Kemendikbud,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy