Selain KTP Palsu, Istri Mr Wang juga Ingin Buat Akta Kelahiran untuk Suami – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Selain KTP Palsu, Istri Mr Wang juga Ingin Buat Akta Kelahiran untuk Suami

KENDARIPOS.CO.ID — Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menyelidiki kasus pembuatan KTP palsu yang melibatkan TKA asal China, Mr. Wang. Istri Mr. Wang bernama Nining pun diduga kuat sebagai aktor utama pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Palsu. Berdasarkan informasi yang dihimpun Kendari Pos, selain Nining, terdapat dua bersaudara (pegawai honorer inisial I dan A) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari membantu memuluskan pembuatan KTP. Mereka bahkan disimyalir diberi imbalan uang mencapai puluhan juta.

Keduanya mengatur strategi pembuatan KTP Palsu dengan menggantikan nama Mr Wang menjadi Wawan Razak Saputra. KTP yang dicetak oleh I dan A memang fisiknya merupakan KTP asli, namun Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak tercatat secara online alias off line.
Selain KTP Palsu, Istri Mr Wang juga akan berencana membuat akta kelahiran sang suami. Namun, kasus pembuatan KTP palsu terlebih dulu mencuat saat anggota TNI, di lokasi pertambangan perusahaan Mr Wang menanyakan identitas Mr Wang alian Wawan Razak Saputra.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Walikota Kendari dr. Siska Karina Imran menyebut, jika ada pegawai Disdukcapil Kota Kendari dengan tegas akan diberi sangsi susuai dengan undang-undang yang berlaku. “Kalau itu tenaga honorer yang melakukan, pasti akan diberhentikan,” kata Siska via pesan WhatsAppnya, kepada Inikatasultra.com, Minggu (17/5/2020).

Siska menambahkan, pembuatan KTP palsu pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari masih dalam penulusuran. “Saat ini masih di telusuri, nanti semua clear kami akan sampaikan,” ucap Siska. Sebelumnya, Ditreskrimum Polda Sultra melakukan penyelidikan kasus dugaan KTP palsu, sejauh ini polisi telah memeriksa pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Kendari dan Istri Mr Wang, Nining. “Untuk perkembangan kasus ini sudah ada titik terang. Yang jelas kita masih mencari fisik KTP-nya kata,” Ditreskrimum Polda Sultra Kombel Pol La Ode Aris El Fatar. La Ode menambahkan, selain KTP palsu ini, juga akan digunakan membuat akte kelahiran, dan akan berencana digunakan membaut Kartu Keluarga (KK). (KP/IS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy