Sekolah Diimbau Bijak Gunakan BOS, Ditengah Pandemi Covid-19 – Kendari Pos
Edukasi

Sekolah Diimbau Bijak Gunakan BOS, Ditengah Pandemi Covid-19

Asrun Lio, PhD.

KENDARIPO.CO.ID — Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang biasanya digunakan untuk mendukung sekolah dalam menjalankan operasionalnya, kini dapat digunakan untuk mendukung kesehatan pendidik dan tenaga pendidik ditengah pandemi Covid-19. Untuk itu, dalam pengelolaan dana BOS tersebut, para kepala sekolah diimbau untuk bijak menggunakanya.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio, PhD. Merujuk Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler, selama masa penetapan status kedaruratan kesehatan masyarakat Covid-19 yang ditetapkan pemerintah pusat, sekolah dapat menggunakan dana BOS Reguler dengan beberapa ketentuan.
“Penggunaan dana BOS untuk penanganan Covid -19 itu bisa. Namun, kepala sekolah tetap harus bijak menggunakanya,” terangnya, Selasa (12/5).

Dijelaskan bahwa dana BOS bisa digunakan untuk pembelian paket data untuk para siswa dan para guru, guna menunjang pembelajaran secara Daring. Namun tentu harus diikuti dengan mekanisme yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. “Ya, karena pandemi Covid-19 yang sedang melanda, maka kegitaan belajar mengajar siswa untuk jenjang SMA sederajat dilakukan secara Daring, yang tentunya membutuhkan kuota guna menyukseskan proses KBM tersebut. Sehingga, kebutuhan fasilitas untuk menjalankan KBM tersebut sangat dibutuhkan. Tetapi, kita terus tekankan jangan karena adanya pembolehan maka dana tersebut bisa digunakan begitu saja, ” tuturnya.

Pengganti Damsid ini, juga menekankan kepada seluruh satuan pendidikan untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi corona virus (di area sekolah. “Meskipun saat ini siswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara Daring, tapi masih ada beberapa siswa siswi kita yang belum bisa mengakses pembelajaran tersebut. Sehingga, siswa tersebut diharuskan datang ke sekolah, untuk mengambil bahan bacaan dan tugas yang diberikan guru di sekolah.

“Melihat kondisi itu, sekolah dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan area sekolah, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Bila perlu, sekolah mengadakan alat dan bahan untuk menunjang penerapan protokol kesehatan area sekolah, dengan menggunakan dana operasional sekolah,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy