Salat Idul Fitri Berjamaah Dinilai Sangat Berisiko – Kendari Pos
Metro Kendari

Salat Idul Fitri Berjamaah Dinilai Sangat Berisiko

KENDARIPOS.CO.ID — Majelis Ulama Indonesia (MUI) memang memperbolehkan pelaksanaan Salat Idul Fitri secara berjamaah di tengah pandemi. Namun, pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 lebih menyarankan tidak dilakukan secara berjamaah di luar rumah, karena sangat berisiko.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menuturkan, masyarakat di sejumlah daerah tetap menggelar salat Id secara berjamaah, baik di masjid atau di lapangan. Jika dilakukan secara berjamaah, maka itu sangat berisiko terhadap penularan virus korona di Tanah Air. “Mohon dimaklumi suatu hal yang bisa menimbulkan risiko (penularan-Red),” ujar Doni usai rapat dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (18/5).

Alasan Doni tidak menyarankan pelaksanaan Salat Id secara berjamaah karena ditengarai ada jamaah yang telah tertular tapi dia masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). “Risiko tertular itu sangat tinggi terhadap terhadap masyarakat yang memiliki penyakit lain. Bahkan dapat menimbulkan kematian,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengimbau agar umat Islam menyambut Idul Fitri dengan tetap tinggal di rumah bersama keluarga inti. Pelaksanan Salat Idul Fitri pun di rumah. Diketahui, MUI mengeluarkan Fatwa MUI Nomor 28/2020 terkait panduan kaifiat (tata cara) takbir dan Salat Idul Fitri di tengah pandemi virus Korona.

Dalam fatwa MUI itu disebutkan bahwa shalat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjamaah atau sendiri. Hal itu diutamakan bagi umat Islam di daerah penyebaran Covid-19 yang belum terkendali. “Salat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid),” ujar Sekjen MUI Anwar Abbas.

Jika Salat Idul Fitri dilakukan secara berjemaah, maka jumlah jamaah minimal empat orang yang terdiri atas satu orang imam dan tiga orang makmum. Jika jamaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan salat di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk berkhotbah, maka Salat Idul Fitri boleh dilakukan berjamaah tanpa khotbah. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy