Sabar Dalam Musibah, Oleh: Aksan Jaya Putra – Kendari Pos
Politik

Sabar Dalam Musibah, Oleh: Aksan Jaya Putra

Anggota DPRD Sultra
Aksan Jaya Putra, B.Bus

KENDARIPOS.CO.ID — Puasa Ramadan 1441 Hijriah, ujiannya lebih berat dari tahun sebelumnya. Aktivitas ibadah lain saat berpuasa tak dilakukan secara berjamaah di masjid-masjid akibat merebaknya pandemi Covid-19. Puasa tahun ini adalah ujian kesabaran tinggi, yang tentunya akan memberi manfaat besar.

Ramadan adalah syahrush shabr atau bulan kesabaran, di mana keutamaan ibadah adalah puasa dengan landasan kesabaran. Dengan berpuasa, kaum muslimin dididik untuk bersabar. Menahan lapar dan haus sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Pahala tanpa batas begitu besar, di dalamnya akan ada naungan perlindungan dan pertolonga dari Allah SWT.

Untuk itu, setiap kaum muslimin dalam kesabaranya akan selalu ditandai dengan rasa syukur yang sangat besar atas rahmat yang diberikan. Di tengah kesabaran, juga tak akan luput dari ujian, yang saat ini kaum muslmiin diperhadapkan dengan pendemi Covid-19. Sehingga sabar dalam musibah seorang muslimin tidak hanya pasrah tetapi berusaha mencari solusi yang bersifat proaktif dan progresif dengan ikhtiar yang maksimal.

Allah SWT telah menjadikan sabar berdekatan dengan kemenangan. Sang maha kuasa akan menguji hambanya agar mereka membuktikan kualitas kesabaran yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan saat di landa bencana, seorang hamba akan berpaling ke arah kekufuran ini disebabkan karena dia tidak mempunyai kesabaran. Untuk itu dalam Ramadan di tengah musibah tahun ini, tentunya akan lebih memotivasi kita untuk lebih bersyukur dan tawakal sehingga kita mampu melatih dan menguatkan kesabaran kita di saat sekarang dan akan datang. Sehingga amal ibadah kita diterima oleh Allah. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy