RSJ dan eks Gedung SMA Angkasa Disulap jadi Ruang Isolasi Mandiri – Laman 2 – Kendari Pos
Metro Kendari

RSJ dan eks Gedung SMA Angkasa Disulap jadi Ruang Isolasi Mandiri

RSJ dan eks Gedung SMA Angkasa Disulap jadi Ruang Isolasi Mandiri

Dinas Cipta Karya Bina Konstrukasi dan Tata Ruang Sultra tengah menuntaskan rehab Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sultra dan eks gedung SMA Angkasa yang dialihfungsikan sebagai ruang isolasi pasien Covid-19. Setidaknya 300 pekerja dikerahkan untuk mempercepat proses rehab total bangunan eks SMA Angkasa.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstrukasi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul menjelaskan pengerjaan ruang isolasi paisen Covid-19 terus digenjot. Konstruksi gedung didesain sesuai standar infrastruktur layanan kesehatan, seperti Puskesmas. Bila selesai dibangun, maka ada sekira 112 kamar isolasi pasien Covid-19. Rinciannya gedung eks SMA Angkasa memiliki 100 kamar dan RSJ berjumlah 12 kamar.

Ia mengungkapkan pengerjaan rehab eks gedung SMA Angkasa cukup berat karena ini benar-benar rehab total. Kondisi gedung sekolah banyak yang rusak parah sehingga banyak bagian yang dibongkar dan dibangun baru.

“Kedepan bangunan ini tentu bisa jadi Rumah Sakit atau Puskesmas bila wabah Covid-19 telah tiada,” ujar Pahri saat memantau bangunan eks SMA Angkasa yang dibongkar saat proses rehab. Ia menargetkan awal Juni bangunan sudah bisa difungsikan menampung pasien Covid-19 maupun pasien susspect korona. Saat ini, kata dia, masih proses permohonan untuk mendatangkan alat kesehatan yang digunakan di ruang isolasi.

“Saat ini tengah fokus dalam pembenahan ruang isolasi. Kalau di RSJ sudah hampir selesai. Terkendala saat ini di eks SMA Angkasa, sebab 16 gedung yang harus direhab total. Tetapi kami sudah genjot pekerjaanya,”ucapnya.

Ruang isolasi di RSU Bahteramas, kata dia, mempunyai fungsi berbeda dengan yang ada di RSJ dan eks SMA Angkasa. Katanya, gedung isolasi di RSU Bahteramas dikhususkan untuk pasien Covid-19. Sementara RSJ dan eks SMA Angkasa lebih pada rumah singgah. Namun tetap akan ada satu gedung disiapkan masing-masing dengan kelengkapan hepafilter.

“Jadi walaupun sebagai rumah singgah akan ada satu gedung khusus untuk pasien positif. Jadi sebelum masuk ke RSU Bahteramas, jika ada yang tiba-tiba memiliki gejalah bisa datang langsung di isolasi mandiri di SMA Angkasa atau RSJ. Jadi tidak langsung di RSU Bahteramas,”pungkasnya. (rah/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy