RSD Konawe Rawat 10 Pasien Positif Covid-19, Tujuh dari Koltim – Kendari Pos
Konawe

RSD Konawe Rawat 10 Pasien Positif Covid-19, Tujuh dari Koltim

Ferdinand Sapan

KENDARIPOS.CO.ID — Pasien terinfeksi gejala virus corona yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Konawe, berjumlah 15 orang. Diantara 15 pasien itu, 10 orangnya sudah dinyatakan positif Covid-19. 7 dari 10 pasien positif tersebut merupakan warga luar Konawe, tepatnya berasal dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Data itu diungkapkan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Konawe, Ferdinand Sapan. Dengan kondisi yang ada di RSD Covid-19 Konawe saat ini, perlengkapan alat pelindung diri (APD) menjadi barang wajib yang harus disediakan.

Ferdinand menyebut, memang ada bantuan APD dari pihak Pemprov Sultra. Akan tetapi, tibanya bertahap serta dalam jumlah sedikit. Sementara pemakaian APD di RSD Covid-19 Konawe mencapai 30 set dalam sehari dengan asumsi satu pasien ditangani oleh dua tenaga medis. “Kemarin memang ada yang tiba bantuan dari provinsi. Masker N 95 hanya 20 pcs. Yang lainnya, seperti baju APD atau rapid test saya agak lupa jumlahnya. Dengan begitu, kalau hanya 20 pcs yang tiba, berarti sampai sore saja masker N 95 sudah habis terpakai,” ungkap Ferdinand Sapan, Jumat (15/5).

Ferdinand menjelaskan, Pemkab Konawe sebenarnya juga menganggarkan perlengkapan APD melalui dana refocusing penanganan Covid-19. Masalahnya, pengadaan baju APD tidak gampang. Prosesnya, harus dipesan dan butuh waktu cukup lama. Pemakaiannya pun, tergantung berapa banyak pasien yang dirawat. “Intinya, stok APD yang dibantu Pemprov itu akhirnya habis. Dari segi risiko, pendistribusian APD harusnya mempertimbangkan jumlah penduduk, kasus positif yang ditangani, serta apakah wilayah itu punya RS rujukan atau tidak. Harusnya melihat itu, supaya tepat bantuannya tidak asal-asalan,” tandas Ferdinad Sapan. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy