Ratusan Miliar THR ASN Dicairkan Sebelum Lebaran – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Ratusan Miliar THR ASN Dicairkan Sebelum Lebaran

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah akan membayarkan THR ASN atau pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan Polri paling lambat pada Jumat (15/5). Total THR yang akan dicairkan sebesar Rp 29,38 triliun. “THR dibayarkan paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal hari Raya. Dalam hal THR tersebut belum dapat dibayarkan, THR dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam situs media nasional, kemarin.

Sri Mulyani memaparkan pemerintah akan membayarkan THR untuk PNS pusat, TNI, dan Polri sebesar Rp6,77 triliun. Kemudian, THR untuk pensiunan sebesar Rp8,7 triliun, dan PNS daerah diperkirakan sebesar Rp13,89 triliun.

Nah di Sultra, ribuan ASN di Sultra akan menerima tunjangan hari raya (THR). Pemerintah kabupaten dan kota di Sultra sudah menyiapkan anggaran miliaran rupiah. Data yang dihimpun Kendari Pos, anggaran THR di enam daerah sudah mencapai sekira 113 miliar, yakni Bombana Rp.15 miliar, Baubau Rp.16,5 miliar, Konsel Rp.21 miliar, Muna Rp.25 miliar, Buteng Rp 9 miliar dan Kota Kendari Rp 27,27 miliar. Sedangkan Buton Rp.10 miliar (proyeksi THR dan gaji 13) dan Konut sekira Rp 22 miliar (proyeksi THR dan gaji 13). Ratusan miliar dari enam daerah itu belum termasuk kabupaten dan kota lainnya. Lihat grafis.

Kepala BPKAD Kota Kendari, Fauziah A. Rahman mengatakan telah menyiapkan anggaran sekira Rp 27,27 miliar untuk THR ASN Pemkot Kendari. “Kami dapat bocoran bahwa dasar perhitungan pembayaran THR adalah berdasarkan besaran gaji dua bulan sebelum penerimaan THR. Asumsinya dihitung gaji ASN pada April,” ungkapnya.

Fauziah mengungkapkan, THR ASN Pemkot Kendari sudah dianggarkan dalam APBD Kota Kendari.

Pembayarannya akan dilakukan seminggu sebelum hari raya Idul Fitri. “Sedangkan THR pensiunan melekat pada APBN dan untuk pembayarannya langsung dari pusat ke penerimanya (pensiunan, red),” bebernya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir menyambut baik informasi dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI terkait pembayaran THR tahun ini. Menurutnya kebijakan itu menjadi kebijakan dan keputusan pemerintah pusat. Pihaknya sebagai pemerintah daerah yang merupakan bagian dari pemerintah pusat harus patuh. “Apa yang diputuskan oleh pemerintah pusat, tentu sebagai bagian daripada sistem kita harus patuh, Alhamdulillah ASN kita bisa terima THR tahun ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan tentunya bisa jadi motor agar ASN bisa lebih giat dalam bekerja dan melayani masyarakat,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) juga telah menyiapkan anggaran THR ASN. THR hanya ASN berpangkat golongan tiga (3) ke bawah. “Pejabat daerah, yakni bupati, wakil bupati, anggota DPRD, eselon I dan II tidak menerima THR,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng, H Kostantinus Bukide.

Pemkab Buteng masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait penyaluran THR. Yang pasti, penyaluran THR sebelum lebaran idulfitri 2020. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Buteng, Hardyanti menjelaskan adapun total anggaran yang disiapkan untuk THR ASN sekira Rp 9 miliar. “Kemungkinan sekira Rp 9 miliar. Biasanya kami salurkan 10 hari menjelang lebaran Idulfitri,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi memastikan sebagian ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pegawai non-PNS akan menerima tunjangan hari raya (THR) tahun ini.

Hal ini tertuang dalam Surat Menteri Keuangan tertanggal 30 April 2020 yang ditujukan kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). “Aturan PP terkait THR sudah dikeluarkan, tanda tangan presiden. PMK keluar. Kami sedang siapkan satuan kerja untuk eksekusi THR diharapkan serentak paling lambat adalah pada hari Jumat ini tanggal 15,” ungkap Sri Mulyani.

Sri Mulyani dikabarkan sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 29 triliun untuk THR PNS ini. Pemerintah pun akan segera merilis Peraturan Presiden (PP) mengenai pencairan anggaran tersebut. Anggaran THR PNS yang beredar ini lebih kecil dibandingkan yang ditetapkan di APBN 2020 sekitar Rp 35 triliun. (ags/rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy