Pusat Pangkas Anggaran Pemkab Kolaka Rp 259 Miliar – Kendari Pos
Kolaka

Pusat Pangkas Anggaran Pemkab Kolaka Rp 259 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh daerah berdampak pada pembangunan daerah, tak terkecuali di Kabupaten Kolaka. Pasalnya, sejumlah anggaran yang seharusnya diperuntukkan bagi pembangunan di otorita Bupati, H. Ahmad Safei itu pada tahun 2020, dialihkan untuk penanganan Covid-19 oleh Pemerintah Pusat.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo mengungkapkan, akibat penyebaran virus corona, Pemerintah Pusat memangkas anggaran untuk daerah. Total anggaran yang dikurangi untuk Pemkab Kolaka sebesar Rp 259 miliar. “Anggaran pusat yang dipangkas itu adalah dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dana bagi hasil (DBH) serta dana insentif daerah (DID). Pemangkasan anggaran ini tidak hanya dialami oleh Kolaka tetapi semua daerah,” ungkapnya.

Kata Poitu, pemangkasan anggaran pusat tersebut berdampak pada sejumlah program pembangunan yang ada di Bumi Mekongga. Sebab, anggaran Rp 259 miliar tersebut untuk belanja modal fisik serta belanja barang dan jasa. “50 persen anggaran yang dipangkas tersebut untuk belanja modal fisik seperti proyek-proyek. Sedangkan 50 persen lainnya untuk belanja barang dan jasa seperti perjalanan dinas, pembelian ATK, pemeliharaan, kerjasama, dan lain sebagainya,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy