Puluhan Ribu Bantuan di Buton Tersalur – Kendari Pos
Buton

Puluhan Ribu Bantuan di Buton Tersalur

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat Kabupaten Buton benar-benar merasakan kehadiran pemerintah di tengah pandemi Covid-19 ini. Sejumlah Sembako dan uang tunai sudah disalurkan. Puluhan ribu paket bantuan sudah disalurkan baik dari pihak pemerintah maupun swasta.

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan bantuan untuk warga terdampak virus corona datang dari berbagai penjuru. Ada dari Pemerintah Pusat berupa BLT dan PKH, kemudian dari Pemerintah Provinsi berupa sembako, begitu pula dengan Pemerintah Kabupaten.

Untuk bantuan sosial dalam bentuk Sembako total penerimanya berjumlah 6.799 keluarga penerima manfaat (KPM). Jumlah itu sudah mendapat penambahan 1.398 KK setelah dilakukan penyesuaian sebagai dampak dari pandemi corona. “Program ini sudah berlangsung lama. Bantuannya berupa beras dan telur lewat warung. Saat ini memang jumlahnya ditambah,” terang Buton-1 itu.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton, Asnawi juga menyebut ada 9.011 warga yang kebagian bantuan langsung tunai (BLT) dari Kemensos. Setiap KK menerima Rp 600 ribu. Itu disalurkan melalui Perbankan. “Total anggarannya cukup besar,” katanya.

Selain bantuan itu, Pemkab Buton juga mendapat jatah jaring pengaman sosial untuk Lansia dari Kementerian Sosial. Bantuan itu juga sudah disalurkan langsung pada penerimanya sebanyak 165 orang.

Berikutnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengirim bantuan provinsi berupa 200 paket Sembako. Bantuan itu resmi diterima Bupati Buton La Bakry, medio Mei ini. Selang beberapa hari kemudian, bupati langsung menyalurkannya ke masyarakat yang membutuhkan.

Jumlah KK miskin di Kabupaten Buton kurang lebih 19.000 KK. Bantuan pusat dan provinsi itu belum mencakup seluruh warga miskin. Pemkab pun kemudian berinisiatif membagikan beras ke 5.000 KK miskin. Tentu bertujuan untuk mengurangi beban warga serta demi menekan inflasi harga di daerah. “Setiap KK itu kebagian 20 kilogram, sudah kita salurkan sebelum masuk Ramadan,” ungkap Asnawi.

Tak ketinggalan Kantor Besar Karantina Perikanan Mutu (BKIPM) Kota Baubau, juga ikut berpartisipasi dengan menyambang 320 paket ikan ke empat desa di Kabupaten Buton. Yakni Desa Lapodi, Warinta, Wanguangu dan Kaongkeongkea. (mel/ely/adv)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy