PLN : Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Nonsubsidi – Kendari Pos
Nasional

PLN : Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik Nonsubsidi

Petugas PLN sedang melakukan perawatan jaringan listrik di salah satu sudut Kota Kendari.

KENDARIPOS.CO.ID — Belum lama ini, masyarakat mengeluhkan adanya kenaikan tagihan listrik. Kekesalan mereka dilepaskan di dunia maya dengan membanjiri akun media sosial PT PLN (Persero) dengan berbagai komentar. Mereka berspekulasi bahwa telah terjadi subsidi silang antara pelanggan PLN nonsubsidi dengan pelanggan bersubsidi. Namun, pihak PLN secara tegas memastikan tidak adanya kenaikan tarif listrik untuk nonsubsidi.

“Tidak ada kenaikan tarif listrik. Mengenai keluhan bahwa terjadi kenaikan tarif atau ada subsidi silang, sekali lagi kami tegaskan bahwa itu tidak benar,” ujar Manager Pemasaran dan Pelayanan PLN UP3 Kendari, Muhammad Asmad Ranreng saat dihubungi Kendari Pos, Selasa (5/5).

Dijelaskan Asmad, terkait penggratisan bagi pelanggan bersubsidi 450 VA dan diskon 50 persen untuk pelanggan bersubsidi 900 VA, termasuk kebijakan membebaskan tarif listrik bagi pelanggan golongan bisnis skala kecil dan industri kecil yang menggunakan listrik 450 VA, murni sebagai program resmi Pemerintah. Sehingga, penggratisan ataupun pemotongan tersebut sama sekali tidak dibebankan kepada pelanggan nonsubsidi.

Menurutnya, kenaikan pemakaian listrik rumah tangga dikarenakan masyarakat atau pelanggan mengurangi aktivitas di luar rumah.

“Kenapa ada rumah tangga tagihannya naik? Kita bisa lihat selama pandemi Covid-19, aktivitas kantor, sekolah, kampus, dan bisnis ditutup. Semua orang yang selama ini memakai listrik di luar rumah, pindah berkegiatan di rumah. Selama ini rumahnya kosong ketika siang, sekarang mereka beraktivitas di dalam rumah. Konsekuensinya, ketika mengoperasikan berbagai peralatan listrik, akan menambah pemakaian listrik. Semakin banyak pemakaian semakin tinggi pula tagihannya,” terangnya.

Namun demikian, sambung Asmad, untuk memastikan benar tidaknya tagihan listrik yang dibayarkan oleh pelanggan nonsubsidi tersebut, ia menyarankan kepada pelanggan bersangkutan untuk menanyakan langsung ke kantor PLN. 

“Kalau ada yang merasa naik pembayarannya, bisa datang ke kantor PLN atau mengadukan ke contact center 123. Data-datanya bisa ditelusuri. Sejak 2017, tarif listrik nonsubsidi tidak pernah naik. Harga rupiah per kwh untuk tarif daya R1M 900 VA (nonsubsidi) adalah Rp 1.352 per kWh sedangkan R1-1300 VA ke atas, tarif tetap 1.467 per kWh,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy