PLN Gratiskan Listrik Untuk Pelanggan Bisnis dan Industri Kecil – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

PLN Gratiskan Listrik Untuk Pelanggan Bisnis dan Industri Kecil

Petugas PLN melakukan perawatan jaringan listrik dijalan Made Sabara, Kendari. PLN terus menyiapkan infrastruktur listrik demi memberi pelayanan yang baik kepada pelanggan. Di tengah pandemi Covid-19 ini, PLN menggratiskan biaya listrik untuk industri kecil dan pelanggan bisnis yang menggunakan listrik 450 VA.


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah memutuskan untuk membebaskan tarif listrik bagi pelanggan golongan bisnis skala kecil dan industri kecil yang menggunakan listrik 450 Volt Ampere (VA). Kebijakan ini merupakan lanjutan dari kebijakan sebelumnya yaitu pembebasan dan pemberian diskon bagi pelanggan rumah tangga. Kebijakan untuk golongan bisnis skala kecil dan industri kecil tersebut akan berlaku selama enam bulan, terhitung mulai bulan Mei hingga Oktober 2020 mendatang.

Manager Pemasaran dan Pelayanan PLN UP3 Kendari, Muhammad Asmad Ranreng mengatakan bahwa pihaknya akan mematuhi regulasi terkait pemberian listrik gratis bagi pelanggan golongan bisnis skala kecil dan industri kecil. “PLN UP3 Kendari tentu turut menjalankan kebijakan tersebut. Kita akan dukung sesuai dengan petunjuk PLN pusat,” ujar Asmad saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (3/5) kemarin.

Untuk memastikan program tersebut dinikmati semua pelanggan yang berhak, pihaknya melakukan pendataan ke daerah-daerah yang akses internetnya kurang memadai. Langkah tersebut bahkan telah dilakukan sejak pemberlakuan pembebasan tagihan listrik bagi pelanggan golongan rumah tangga (R1) 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan golongan rumah tangga 900 VA bersubsidi beberapa waktu lalu.

“Teman-teman (petugas) di daerah mengantarkan langsung ke perangkat desa agar pelanggan bisa mengakses layanan. Tentu ini dilengkapi dengan administrasi yang ketat. Ada berita acara serah terima bahwa token sudah kami serahkan ke perangkat desa untuk kemudian diteruskan ke pelanggan-pelanggan yang berhak mendapatkan,” terangnya.
“Respons masyarakat sangat positif. Kebijakan listrik gratis ini memang sangat tepat karena saat ini kita menghadapi pandemi Covid-19 yang menyebabkan daya beli masyarakat turun. Saya kira, ini sangat bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya, Executive Vice President Communication & CSR PLN, Made Suprateka dalam keterangan tertulis mengatakan mekanisme penggratisan listrik untuk pelanggan golongan bisnis kecil B1/450 VA dan industri kecil I1/450 VA akan menggunakan cara yang sama dengan pendistribusian pembebasan listrik untuk golongan rumah tangga. “Tahap pertama untuk golongan rumah tangga, sudah terdistribusikan seluruhnya kepada pelanggan yang berhak menerima,” ujarnya, kemarin.

Made Suprateka menambahkan, untuk pelanggan bisnis dan industri 450 VA pascabayar, secara otomatis tagihan untuk pemakaian pada rekening bulan Mei sampai dengan Oktober adalah nol rupiah. Sedangkan untuk pelanggan yang menggunakan token listrik, token gratis tersebut dapat diperoleh baik melalui web yakni www.pln.co.id maupun aplikasi Whatsapp ke nomor 0812-2-123-123.

Mekanisme menggunakan whatsapp, kata dia, akan memerlukan waktu beberapa hari karena PLN harus memasukkan database penerima yang berhak ke dalam sistem sehingga tepat sasaran. Jumlah database pelanggan yang harus dimasukkan ke dalam sistem kurang lebih sekitar 500 ribu ID pelanggan. Dalam 12 jam, semua pelanggan dengan token listrik sudah akan mendapatkan token gratisnya. Paling lambat 3 Mei 2020, seluruh pelanggan yang berhak dipastikan sudah dapat mengakses token yang diterima ke dalam meterannya dan menikmati listrik gratis.

“Pelanggan dapat mengirimkan nomor ID Pelanggannya ke nomor di atas melalui aplikasi Whatsapp. Apabila pelanggan tersebut datanya cocok sesuai dengan kriteria penerima program gratis listrik, maka si pelanggan akan mendapatkan token yang dapat diisikan ke dalam meteran prabayarnya,” imbuh Made Suprateka.

Selain itu, lanjutnya, distribusi token juga akan dilakukan dengan bekerja sama dengan perangkat desa untuk menjangkau pelanggan-pelanggan usaha dan industri yang kesulitan untuk mengakses jaringan internet.”Semoga dengan program listrik gratis selama 6 bulan ini, para pelaku bisnis skala kecil ini dapat tetap bertahan di masa pandemi Covid-19,” pungkas Made Suprateka.

Untuk diketahui, sebulan yang lalu, pemerintah juga membebaskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan rumah tangga (R1) 450 VA dan pemberian diskon 50 persen bagi pelanggan golongan rumah tangga 900 VA Bersubsidi. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy