Perusahaan Swasta Wajib Bayar THR Karyawan! – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Perusahaan Swasta Wajib Bayar THR Karyawan!


KENDARIPOS.CO.ID — Kabar gembira bagi karyawan swasta. Kepastian menyangkut pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) akhirnya terjawab.Dalam Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja (Menaker) nomor M/6/HI.00.01/V/2020, perusahaan diwajibkan membayar THR. Untuk memastikan pelaksanaanya, kepala daerah diminta turut melakukan pemantauan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari, Benyamin Salempang mengatakan kondisi pandemi corona tidak serta merta menggugurkan kewajiban perusahaan dalam membayar THR. Selain SE Menaker, kewajiban itu telah diatur dalam Pasal 8 Permenaker nomor 20 tahun 2016 dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 78 tahun 2015. Hanya saja, pemerintah tetap memberikan sejumlah keringanan.

“Kami siap meneruskan kebijakan ini. Sebagai kewajibannya, sebisa mungkin perusahaan tetap memberikan THR. Andaikan kondisi keuangan perusahaan tidak memungkinkan, THR-nya bisa dibayar dulu sebagian atau ditunda. Tapi bila sudah membaik, baru disalurkan secara penuh,” jelasnya kemarin.

Namun perusahaan tidak bisa seenaknya menunda atau membayar sebahagian sepihak. Sebelum mengambil keputusan, perusahaan terlebih dahulu melakukan dialog dengan karyawan. Kesepakatan antara pengusaha dan pekerja harus dilaporkan ke pemerintah.

Sesuai regulasi, THR wajib diberikan pengusaha kepada karyawan atau buruh, dibayar paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Pengusaha yang telat membayar THR dikenakan denda 5 persen dari total THR yang harus dibayar sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar. Pengenaan denda ini tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk membayar THR kepada pekerja.

Sejak pandemi covid-19, dunia usaha kena dampak. Hal ini mempengaruhi hubungan pengusaha dan karyawan dalam hal pemenuhan hak pekerja seperti upah dan THR. Banyak pengusaha mengalami kesulitan finansial, tidak sedikit perusahaan yang merumahkan karyawannya. “Sampai hari ini pekerja yang dirumahkan mencapai 3.865 orang dan diperkirakan masih akan bertambah,” ujarnya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy