Pergub Disusun, Denda Pajak Kendaraan Bakal Dihapus – Kendari Pos
Metro Kendari

Pergub Disusun, Denda Pajak Kendaraan Bakal Dihapus

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi corona, Pemprov Sultra bakal melakukan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor. Saat ini, acuan yang menjadi dasar pelaksanaannya berupa Peraturan Gubernur (Perbug) masih disusun. Di sisi lain, Pemprov juga telah meminta restu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra, Yusuf Mundu mengatakan kebijakan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor masih dalam proses. Bila disetujui, pemberlakukannya akan dimulai bulan Maret hingga Mei. “Pergub-nya sementara disusun. Draft usulannya telah diajukan ke Kemendagri. Kami sudah kirim sejak Maret lalu. Kami belum bisa menghapus denda pajak sebelum Pergub-nya diterbitkan. Jadi, kita tunggu saja prosesnya,” jelasnya.

Ilustrasi

Sementara, Kepala PT Jasa Raharja Cabang Sultra, Abubakar Al Jufri membenarkan pembebasan pembayaran denda administrasi Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang tertunggak untuk tahun berjalan sebesar 100 persen. Hal ini sesuai dengan surat edaran resmi dari PT Jasa Raharja pada 9 April 2020. Sementara itu, pokok SWDKLLJ tahun berjalan serta pokok dan denda SWDKLLJ tahun yang lewat tetap dikutip sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kebijakan tersebut terhitung berlaku mulai 13 April 2020 sampai dengan 29 Mei 2020.

“Benar Kami sudah mendapatkan izin dari direksi terkait dengan denda penghapusan SWDKKLJ. Ini terkait denda tahun berjalan bagi masyarakat yang menunggak mulai dari tanggal 14 Maret sampai dengan 29 Mei 2020. Nanti pembayaran di bulan Juni, itu dendanya saja yang kami hilangkan,” ungkapnya. Hanya saja, kebijakan ini belum diterapkan di Sultra. Sebab masih dalam tahap pembahasan di tingkat gubernur. “Namun itu belum kami terapkan karena kami masih menunggu konfirmasi dari pemda dalam hal ini Pak Gubernur. Karena katanya masih menunggu izin dari Kemendagri,” pungkasnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy