Penjahit di Kolut Produksi Masker Secara Massal – Kendari Pos
Kolaka Utara

Penjahit di Kolut Produksi Masker Secara Massal

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) memberdayakan puluhan penjahit lokal memproduksi masker secara massal untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Hal ini dilakukan karena banyak warga mengaku kesulitan mendapatkan alat pelindung pernafasan tersebut. Tidak hanya Pemkab, gerakan bagi-bagi masker juga diikuti sejumlah elemen baik organisasi dan lainnya. Khusus Pemkab sendiri telah memproduksi 18 ribu masker dari puluhan penjahit yang tersebar di ibu kota dan kecamatan lainnya.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Taupiq S, mengatakan, instruksi wajib masker itu memang tidak serta merta harus diikuti sanksi bagi pelanggarnya. “Lebih pada pengawalan kepatuhan masyarakat untuk menyadarkan bahwa itu untuk melindunginya dan orang lain,” tegas Sekab Kolut, Minggu (17/5). Penjahit lokal digerakkan untuk memproduksi masker kain karena masa pakainya lama dan bisa dicuci berulang kali. “Semua warga Kolut harus punya masker hingga setelah kita penuhi kebutuhan ini, kami tidak ingin lagi ada yang mengaku tak punya masker. Kalau ditemui di luar, disuruh pulang ambil,” tuturnya.

Taufiq

Pemberdayaan penjahit lokal menurut Taupik, juga agar distribusi uang tidak mengalir ke luar wilayah. Puluhan penjahit itu tersebar di Lasusua, Lambai, Rante Angin hingga Watunohu. “Banyak yang pakai masker hanya saat di jalan dan ketika bertemu dengan orang, mulai dilepas. Padahal pada saat bertemu itu masker menjadi sangat penting digunakan,” pungkasnya. Bergeraknya penjahit lokal Kolut memproduksi masker secara massal membuat ketersediaan alat pelindung itu mulai melimpah pada sejumlah apotik, toko, swalayan hingga kios-kios. Padahal selama ini, masker menjadi langka dan mahal. Kini, warga Kolut tidak kesulitan lagi mendapatkan masker dengan harga miring. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy