Pengurusan Sertifikat Semakin Mudah Lewat OSS – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengurusan Sertifikat Semakin Mudah Lewat OSS

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanan perizinan yang efisien berbasis internet. Salah satunya dengan menerapkan pelayanan perizinan berbasis online single submission (OSS). Inovasi tersebut diharapkan memudahkan masyarakat yang ingin mengurus perizinan. Tak terkecuali mengurus sertifikat tanah.

Irwan Idrus

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Kendari, Irwan Idrus menuturkan bagi masyarakat yang hendak mengurus sertipikat tanah yang berukuran diatas 600 m2 itu wajib mengajukan pengurusannya melalui OSS. “Semua sudah diatur dalam Permen ATR/BPN Nomor 25 Tahun 2018 tentang pertimbangan teknis pertanahan,” jelasnya, kemarin.

Caranya sangat mudah kata Irwan, masyarakat yang hendak mengurus hendaknya memiliki komitmen atau pernyataan bahwa tanah yang akan dibuatkan sertipikat telah memenuhi persyaratan Izin Usaha dan atau Izin Komersial atau Operasional.

“Mereka nanti punya Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diterbitkan Lembaga OSS setelah Pelaku Usaha melakukan pendaftaran untuk kemudian mereka laporkan kepada kami sebagai bentuk komitmen mereka untuk kemudian mendapatkan pertimbangan teknis dari pertanahan (PTP) dan persetujuan pemda,” tuturnya.

Untuk membuat izin lokasi untuk menjadi berlaku efektif dan mendapatkan sertipikat, masyarakat terurama pengusaha harus mendaftarkan permohonan PTP-nya di Kantor Pertanahan Kota Kendari untuk kemudian ditindaklanjuti dengan peninjauan lokasi, disusul rapat tim pertimbangan teknis, kemudian pembuatan peta hingga penyerahan produk (Sertfikat, Red).

“Atas kemudahan ini kami harap para pengusaha yang ingin mendapatkan izin lokasi berusaha agar tidak perlu khawatir lagi dengan persoalan waktu. Sebab, pengurusan bisa berlangsung dengan cepat karena sudah menggunakan sistem online,” tutup Irwan Idrus. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy