Pengujian TCM Dimulai Hari Ini – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengujian TCM Dimulai Hari Ini

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Hj. Andi Hasnah (kiri) memantau kesiapan alat kesehatan di Posko Gugus Tugas Covid-19 Sultra.

KENDARIPOS.CO.ID — Fasilitas kesehatan penanganan coronavirus disease (Covid-19) terus dilengkapi. Hari ini (14/5), Pemprov Sultra berencana melakukan pengujian tes cepat molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Hj. Andi Hasnah menjelaskan, meski sudah diberlakukan namun masih terbatas.

“Alat itu sudah diverifikasi Kementerian Kesehatan, dinyatakan memenuhi standar. Insya Allah besok (hari ini), sudah bisa kita mulai pengujian TCM. Alat TCM sudah lengkap, tinggal diaktifkan,” ungkap Andi Hasnah.

Alat PCR juga, lanjut dia, sebenarnya sudah ada. Namun masih ada alat tambahan yang harus dilengkapi. “Semoga pekan depan PCR juga sudah bisa kita gunakan. Sehingga pengecekan sampel bisa lebih cepat,” jelas ahli anastesi itu. Dia menambahkan, Sultra memiliki alat itu sejak lama, hanya saja untuk pemeriksaan TB. Kini alat itu bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19. Namun dengan alat tambahan, yang juga telah lengkap. “Semua sudah lengkap baik sumber daya manusia maupun alat. Jadi para tenaga kesehatan ini sudah dilatih terkait penggunaanya,” jelasnya.

PCR yang akan datang dari Kemenkes, kata dia PCR cartridge sekira 5.000. Sementara TCM masih terbatas, baru 60 kit. Tapi akan rutin dikirim oleh Kemenkes setiap minggu. Pemeriksaan sampel TCM hanya bisa sekira 30-60 pasien sehari, sementara PCR bisa sampai 100 pasien. “Akurasinya sama, hanya prosesnya yang berbeda, PCR lebih cepat,” ujarnya.

Direktur RSU Bahteramas, Hasmudin menambahkan, untuk pemeriksaan alat tes kesehatan, khususnya TCM dengan menggunakan alat genexpert sebagai alat diagnostik TB, sementara untuk PCR merupakan alat bantuan dari BPOM. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy