Pengaspalan Enam Ruas Jalan Lingkar di Konkep Dilelang – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Pengaspalan Enam Ruas Jalan Lingkar di Konkep Dilelang

KENDARIPOS.CO.ID — Pengasalan enam ruas jalan lingkar Pulau Wawonii di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), saat ini masih dalam proses lelang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dalam kendali Bupati, Ir. H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi, tetap berupaya meningkatkan infrastruktur transportasi di otorita pemekaran tersebut, meski ditengah wabah Covid-19. Tujuannya, agar Konkep dapat berkembang dan setara dengan daerah-daerah lain yang lebih dulu mekar. Memang, ada beberapa proyek infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) dipastikan tidak berjalan tahun ini.

Kepala Dinas (Kadis) PU-PR Konkep, Israwan Sulpa, WRD menjelaskan, ada enam paket proyek pengaspalan jalan lingkar Pulau Wawonii yang tetap dikerjakan tahun ini. “Pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan serta jembatan menjadi program prioritas utama Bupati Konkep. Saat ini masih tahapan proses lelang,” kata Israwan Sulpa, kemarin. Ia mengaku, meski ada anggaran di bidang lain yang dialihkan untuk penanganan virus corona, Israwan tetap mempertahankan anggaran pengasalan jalan. “Pengaspalan jalan juga menjadi prioritas utama. Ketika akses semua sudah teraspal, maka perekonomian di Wawonii akan berjalan lancar,” tuturnya.

Jika proses lelang pengasalan enam ruas jalan lingkar lancar dan tanpa sanggahan, pihaknya memastikan kontrak pengerjaan tersebut sudah bisa tuntas pada Mei mendatang. “Rata-rata volume pengaspalannya satu kilometer. Yang panjang hanya dari Lamoluo sampai Simpang Tiga Batumea,” kata Israwan Sulpa. Ia juga berharap, anggaran pengaspalan jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, tetap direalisasikan tahun ini.

“Agar akses penghubung Kecamatan Wawonii Barat dan Wawonii Tengah bisa terkoneksi dengan baik. Untuk program pengaspalan dari Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kendari yang menghubungkan Lawey-Bobolio, informasinya saat ini sudah kontrak. Kami dari PUPR Konkep, terus berupaya agar jalan lingkar bisa dilalui dengan baik. Kami juga siapkan anggaran rutin untuk membenahi beberapa ruas jalan,” tandas Israwan Sulpa sambil mengaku jika dana alokasi khusus untuk pembangunan jembatan dialihkan untuk penanganan serta pencegahan virus corona. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy