Pengadaan Swab Test, Pemkab Kolut Anggarkan Rp 2 Miliar – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pengadaan Swab Test, Pemkab Kolut Anggarkan Rp 2 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Sampai kini, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) masih mengandalkan hasil pemeriksaan swab dan polymerase chain reaction (PCR) dari laboratorium Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk mempercepat pelayanan pada pemeriksaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut bersama Tim Gugus Tugas sepakat mengadakan alat tes itu sendiri dalam waktu dekat ini.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kolut, dr. Syarif Nur, mengungkapkan Ketua Gugus Tugas, H. Nur Rahman Umar telah merestui pengadaan alat itu dalam waktu dekat ini. Anggaran yang diporsikan sesuai harga pembelian sebesar Rp 2 miliar, lengkap dengan instrumen penunjang lainnya. “Artinya, Kolut sudah bisa mandiri melakukan metode swab dan PCR guna memastikan positif tidaknya setiap pasien terduga Covid-19 yang diisolasi,” ujar Direktur RSUD Djafar Harun itu, Senin (11/5).

Mantinya, setiap sampel pemeriksaan pasien yang hasil rapid test-nya positif, tidak perlu lagi dikirim ke Makassar atau Jakarta. “Metode pemeriksaan PCR lebih tepatnya disebut reverse-transcriptase-PCR, karena targetnya virus RNA. Hasilnya tentu spesifik. Kami ingin pasien diswab di sini saja, meskipun dalam waktu dekat ini Pemkot Kendari juga akan menyiapkan peralatan itu juga. Setidaknya rentang kendali bisa kami pangkas untuk mempercepat pelayanan,” ungkap Syarif Nur. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy