Pengadaan 100 Ekor Sapi Bali, Pemkab Kolaka Anggarkan Rp 1 Miliar – Kendari Pos
Kolaka

Pengadaan 100 Ekor Sapi Bali, Pemkab Kolaka Anggarkan Rp 1 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan merencanakan pengadaan sapi Bali. Rencananya, sapi tersebut sudah akan ada di Bumi Mekongga pada pertengahan tahun 2020 ini. “Jumlah sapi Bali yang kami datangkan sebanyak 100 ekor. Besaran anggarannya sekitar Rp 1 miliar dan bersumber dari APBD Kolaka. Saat ini sementara proses tender dan Mei sudah penentuan pihak ketiga. Jadi sekitar Juni atau Juli sapi tersebut sudah ada di Kolaka,” ungkap Kadis Perkebunan dan Peternakan Kolaka, Hasbir Jaya Razak saat ditemui Selasa (12/5).

Mantan Kadis Pemuda dan Olahraga itu mengatakan, setelah tiba di Kolaka nanti, sapi Bali tersebut akan di tempatkan di padang pengembalaan Pemkab di Desa Mata Osu, Kecamatan Watubangga. Di lokasi tersebut pihaknya akan telah menyiapkan petugas untuk memelihara sapi itu. “Memang kami tempatkan di lokasi tersebut karena padang pengembalaan itu merupakan laboratorium alam. Bagi peternak yang mau mengembangkan kemampuannyanya bisa belajar di situ,” jelasnya.

Hasbir berharap, dengan adanya 100 ekor sapi Bali tersebut, maka Kabupaten Kolaka kedepannya dapat menjadi salah satu daerah yang tidak hanya terkenal dengan potensi pertaniannya, tetapi juga perternakan. “Sapi-sapi tersebut nantinya akan menghasilkan bibit-bibit sapi yang berkualitas. Untuk pola beranaknya nanti kami akan gunakan sistem inseminasi buatan,” ujarnya.

Kata Hasbir, selain 100 ekor sapi Bali yang dikelola Pemkab Kolaka, sebenarnya pihaknya juga berencana mengadakan 100 ekor lainnya untuk diberikan kepada masyarakat. Hanya saja, adanya rasionalisasi anggaran karena wabah virus corona, maka program tersebut belum dapat direalisasikan tahun ini. “Jadi, untuk program pengadaan 100 ekor sapi untuk masyarakat belum bisa kami realisasikan tahun ini karena anggarannya dialihkan untuk penanggulangan vorona,” jelasnya. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy