Pendaftaran UTBK Dibuka 2 Juni – Kendari Pos
Edukasi

Pendaftaran UTBK Dibuka 2 Juni

Calon Maba UHO yang mengikuti UTBK beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID—Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 mengalami berbagai perubahan akibat pandemi Covid-19. Baik dari jadwal pelaksanaan, mekanisme tes hingga pada biaya pendaftaran yang ditanggung oleh peserta yang Akan mengikuti UTBK. Perubahan ini pun tentu menjadi kesempatan bagi calon Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Halu Oleo (UHO) untuk melakukan segala persiapan sebelum pelaksanaan UTBK.

Wakil Rektor I La Hamimu, PhD., mengungkap bahwa pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 bakal dibuka selama 19 hari yakni, pada 2-20 Juni 2020, pelaksanaan UTBK 05-12 Juli sedangkan pengumuman UTBK bakal serentak diumumkan pada 25 Juli 2020.

Bagi calon Maba yang ingin masuk di UHO melalui jalur SBMPTN untuk terus mengupdate informasi terkait ketentuan-ketentuan pelaksanaan UTBK 2020. Pasalnya, UTBK tahun ini bakal berlangsung ditengah pandemi yang tentunya memberikan dampak pada pelaksanaanya.

“Seluruh arahan pelaksanaan UTBK SBMPTN ditentukan oleh pusat. Intinya, UHO bakal siap melaksanakan segala bentuk arahan tersebut, termasuk dalam pelaksanaan tes yang sesuai dengan prosedur protokol kesehatan Covid-19,” ungkapnya, Jumat (15/5).

Lanjutnya, tes UTBK nantinya, peserta hanya akan diberikan materi tes dalam bentuk Tes Potensi Skolastik atau (TPS). TPS ini sendiri mengukur kemampuan kognitif para peserta, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes, dan pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari.

“Umumnya ada dua tes yang diuji, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA). Namun karena wabah corona, tes yang diujikan hanya TPS untuk memangkas waktu,” tuturnya.

Dilansir dari laman LTMPT, selain jadwal dan materi tes, besaran biaya pendaftaran yang akan ditanggung oleh peserta tes juga mengalami perubahan. Jika sebelumnya, biaya UTBK ditetapkan sebesar Rp. 200.000, maka biaya UTBK tahun ini berubah menjadi Rp. 150.000. Sebelumnya, LTMPT memutuskan untuk menunda pelaksanaan UTBK karena ada pandemi Covid-19 di Tanah Air. Penundaan ini diumumkan pada 23 Maret lalu. Namun, saat itu, belum ada informasi tentang jadwal baru. Dengan pengumuman jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 terbaru ini maka jadwal lama tidak berlaku lagi.

UTBK sendiri merupakan tes yang dilaksanakan LTMPT sebagai tahapan SBMPTN. SBMPTN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi melalui ujian tertulis.Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi dua, yakni Saintek dan Soshum. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy