Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK Dibuka Juni – Kendari Pos
Edukasi

Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK Dibuka Juni

Siswa SMAN 4 Kendari saat mengikuti proses belajar mengajar pada waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID –Penerimaan Peserta didik Baru (PPDB) 2020 tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sulawesi Tenggara (Sultra) rencananya dibuka pada Juni 2020 mendatang. Berbeda dengan tahun sebelumnya, PPDB tahun 2020 dilakukan secara daring guna mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Asrun Lio mengatakan bahwa proses PPDB 2020 SMA sederajat bakal dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. “Untuk PPDB tahun ini seluruh mekanisme pendaftaranya bakal dilakukan secara online,” ungkapnya, Selasa (5/5).

Asrun menjelaskan jika tahun lalu siswa diharuskan datang ke sekolah, maka tahun ini, untuk memutus penyebaran Covid-19 siswa bisa mendaftar dari rumah melalui aplikasi yang tengah disiapkan oleh Dikbud yang bekerjasama dengan salah satu penyedia layanan internet yakni PT Telkom. Sehingga para pendaftar diimbau untuk tidak perlu datang ke sekolah. “PPDB online ini merupakan upaya kami untuk mencegah berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan SPd menuturkan bahwa aturan PPDB 2020 tetap berlangsung meskipun saat ini Sultra dihadapkan dengan Covid-19. Namun terkait tata cara pendaftarannya, saat ini pihaknya mengaku masih menunggu keputusan resmi dari Dikbud Sultra. “Untuk jadwalnya masih belum diputuskan, jadi kita masih menunggu mekanisme pendaftaranya seperti apa,” katanya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa SMAN 4 Kendari sudah siap melaksanakan PPDB 2020 sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan oleh Dikbud Sultra. Untuk kuota PPDB SMAN 4 Kendari bakal disesuaikan dengan jumlah siswa yang lulus tahun ini “Tahun ini siswa SMAN 4 Kendari yang lulus sebanyak 469 peserta didik. Sehingga, jumlah kuota yang bakal diterima di PPDB 2020 tahun ini bakal disesuaikan dengan jumlah siswa yang lulus baru-baru ini,” terangnya.

Sebagai informasi, berdasarkan Permendikbud No 44 tahun 2019 terkait PPDB tahun 2020, kuota PPDB jalur prestasi sebesar 30 persen dan jalur zonasi 70 persen (jalur zonasi 50 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan jalur perpindahan 5 persen. PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan akumulasi nilai rapor ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir dan prestasi akademik dan nonakademik di luar rapor sekolah (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy