Penanganan Covid-19, Tafdil Siapkan Anggaran Rp 48,6 Miliar – Kendari Pos
Bombana

Penanganan Covid-19, Tafdil Siapkan Anggaran Rp 48,6 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bombana sangat serius melakukan percepatan penanganan dan pencegahan coronavirus disease (Covid-19). Berbagai upaya telah dilakukan. Amunisi yang disiapkan juga tak main-main.

Tafdil

Pemkab Bombana menyiapkan anggaran sebesar Rp 48,6 miliar untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pascawabah melanda.

Tafdil menjelaskan, anggaran itu berasal dari APBD tahun 2020. Dimana diambil melalui kebijakan Surat Keputusan Bersama (SKB) dua Meteri yaitu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu). Dimana hal tersebut tertuang dalam Surat Nomor 119/2813/ SJ, Nomor 177/KMK.07/2020.

“Dana ini akan digunakan untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi pascapandemi berakhir. Harapan kami Covid-19 ini segera berakhir dan Bombana tak ada lagi tambahan yang positif corona,” harapnya. Dengan anggaran tersebut, lanjut dia, akan mendukung percepatan penanganan Covid-19. Mulai dari mendukung kerja Satgas Covid-19 Bombana hingga mendukung keseharian masyarakat dalam menjalani kehidupan di tengah Covid-19.

Karena Pemkab Bombana sangat paham permasalahan yang dihadapi masyarakat ditengah pandemi virus corona ini. “Pemberian bantuan kepada masyarakat juga menggunkan anggaran ini. Karena tidak mungkin masyarakat kita larang keluar rumah tanpa memberikan bantuan. Olehnya itu segala bentuk strategi kami lakukan untuk melakukan penanganan Covid-19 ini,” jelasnya.

Suami Anggota DPD RI Andi Nirwana Sebbu itu menambahkan, pandemi Covid-19 tidak ditahu kapan berakhir, makanya Pemkab telah memikirkan apa yang mesti dilakukan pasca Covid-19 nanti. Salah satunya adalah pemulihan seluruh sektor yang tentunya membutuhkan stimulan dari Pemkab Bombana. Termasuk anggaran yang telah disiapkan tersebut adalah untuk mendukung pemulihan tersebut.

“Para pedagang yang nanti akan memulai usahanya kembali paska Covid-19, sektor pertanian, kelautan dan lainnya, tentu membutuhkan dukungan untuk memulihkan itu. Dan semuanya sudah kami pikirkan dan anggarannya itu telah kami,” katanya.

Sementara itu, Plt. Kepala Bappeda Bombana, Husrifnah Rahmin merinci penggunaan anggaran dalam rangka penanganan Covid-19. Menurutnya nanti akan digunakan dua tahap. Tahap pertama anggaran yang digunakan sebanyak Rp 38,7 miliar dan untuk tahap kedua sebanyak Rp 9,8 miliar. “Ada tiga uraian penggunaan anggaran yaitu pertama penggunaan pelayanan pencegahan dan penanggulangan sebanyak Rp 20,7 miliar. Kedua, program Jaring Pengaman Sosial Rp 19,4 miliar dan yang terakhir program jaring pemulihan ekonomi sebanyak Rp 8,4 miliar,” paparnya.

Lanjut pria berkacamata itu merincikan tiga tahapan penggunaan anggaran Covid-19 Kabupaten Bombana, yang pertama Pelayanan pencegahan dan penanggulangan. Di mana di dalamnya terdapat dua item kegiatan yaitu operasional dan logistik serta sarana prasarana. “Kedua program jaring pengaman sosial, dimana ada enam item kegiatan yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT), bantuan paket sembako, Karantina Wilayah Parsial, Karantina Rusunawa dan rumah karantina Kecamatan, Pelindung Sosial Nelayan dan yang terakhir adalah Dana Cadangan JPS,” terangnya.

Sedangkan untuk Jaringan Pengaman Ekonomi, digunakan untuk empat bidang yaitu pertama Bidang Pertanian, Bidang Perikanan, Bidang Perdagangan dan UKM dan yang terakhir Dana Cadangan JPE. “Untuk saat ini, tiga uraian anggaran Covid-19 yang akan digunakan masih tahap pertama. Di mana tahap kedua akan dilakukan melihat kondisi ke depan sampai kapan Covid-19 akan berakhir,” imbuhnya. (adv/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy