Penanganan Covid-19, Pemkot dan DPRD Baubau Refocusing APBD Rp 92 Miliar – Kendari Pos
Bau-bau

Penanganan Covid-19, Pemkot dan DPRD Baubau Refocusing APBD Rp 92 Miliar

H. Zahari


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali melakukan pergeseran anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2020 untuk penanganan virus corona. Refocusing dana belanja modal serta belanja barang dan jasa APBD itu merupakan tahap ketiga yang dilakukan dan telah disepakati Rabu (13/5) lalu. Total keseluruhan APBD yang digeser tahap satu, dua dan tahap ketiga untuk penanganan Covid di Baubau sebesar Rp 92.976.964.000.

“Plot anggaran tersebut untuk belanja terduga yakni pada bidang kesehatan Rp 44 miliar, jaringan pengaman sosial Rp 20 miliar, dampak ekonomi Rp 5 miliar. Kemudian Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau dikucurkan anggaran senilai Rp 23.976.165.062,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset dan Pendapatan Daerah (BPKAPD), Abdul Fatar, saat ditemui usai menggelar rapat bersama DPRD, Kamis (14/5).

Lanjutnya, dengan telah dilakukannya refocusing dan realokasi anggaran Rp 92.976.964.000 APBD 2020, maka belanja daerah Kota Baubau 2020 telah terserap sekira 80 persen. “Semua hanya untuk penggulangan Covid-19,” tutup Abdul Fatar. Sementara itu, Ketua DPRD Kota Baubau, H. Zahari, mengungkapkan, anggaran yang sudah ditetapkan itu harus mampu mencukupi kebutuhan warga yang terdampak ekonomi. Dari data yang ada, warga kurang mampu mencapai 11.000 KK. Saat ini seluruh warga itu belum tersentuh bantuan sosial dampak Covid-19. “Mudah-mudahan itu bisa cukup. Karena akumulasi dari Sekot tadi, data warga terdampak covid-19 di Kota Baubau itu masih banyak belum mendapat bantuan. Ada sekitar 19.000 KK yang harus ditanggulangi APBD provinsi dan APBD kota,” jelas Politikus Partai Golkar tersebut. Ia berharap, pemerintah segera mengeksekusi anggaran itu. Kemudian bantuan harus diseragamkan sesuai ketentuan yang ada. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy