Pemuka Agama yang Terdampak Covid-19 Bakal Terima Bantuan – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemuka Agama yang Terdampak Covid-19 Bakal Terima Bantuan

KENDARIPOS.CO.ID — Wabah virus corona memiliki dampak signifikan bagi ekonomi masyarakat. Tidak hanya masyarakat umum, namun juga para pemuka agama. Penerapan social dan physical distancing di Kota membuat aktivitas peribadatan di rumah-rumah ibadah ditutup. Akibatnya, penghasilan para pemuka agama yang selama ini bersumber dari jamaah menurun.

Sebagai bentuk perhatian, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir memporsikan bantuan bagi para tokoh agama. Agar tetap sasaran, orang nomor satu di Kendari ini meminta Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari bersama majelis agama melakukan pendataan para pemuka agama yang terdampak covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, H. Zainal Mustamin mengatakan telah menindaklanjuti permintaan Wali Kota Kendari yang akan membantu para mubalik, para penyuluh agama, para pastor, pendeta, biksu, pandita yang terdampak covid-19. Hingga kini, sekira 160 pemuka agama yang telah terdata.

“Untuk memastikan penerima bantuan, kami berkoordinasikan dengan seluruh majelis agama. Saya sangat bersyukur kita sudah sampai pada pemantapan data untuk mendapat persetujuan pak wali. Berdasarkan data yang ada penyuluh agama yang terdapak sebanyak 80 orang, 25 dai, protestan 20, katolik 35 dengan total 160. Tetapi kami juga masih menunggu konfirmasi terakhir dari Hindu dan Budha,” ungkapnya usai rapat Kamis (15/5).

Zainal Mustamin mengapresiasi langkah sigap Wali Kota melihat masyarakat yang terdampak akibat Covid-19 ini. Pasalnya, beliau masih sempat memikirkan pemuka agama. “Jadi satu kata untuk Wali Kota Kendari, pikiran dan tindakan sama cepatnya. Jadi tidak hanya fokus pada satu, namun melihat permasalahan masyarakat secara menyeluruh,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya tengah memvalidasi data penerima. Hasilnya, akan diserahkan ke Pemkot. Untuk proses penyaluranya, akan ditransfer ke rekening penerima. Ia berharap bantuan ini dapat meringankan beban para tokoh agama ditengah situasi yang serba sulit ini. Apalagi ini belum menentu kapan berakhirnya. “Semoga ini bisa menjadi motifasi untuk mereka. Kesyukuran saya 80 penyuluh agama kota kendari yang non PNS bisa terdata di sini, ditambah dengan para pemuka agama,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy