Pemprov Sultra Sulap Gedung Diklat BPSDM Jadi Tempat Karantina – Kendari Pos
Metro Kendari

Pemprov Sultra Sulap Gedung Diklat BPSDM Jadi Tempat Karantina

KENDARIPOS.CO.ID — Gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sultra bakal menjadi tempat karantina pasien Covid-19. Terutama pasien kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pantauan (ODP). Gedung tersebut dialih fungsikan sementara waktu sebagai bentuk persiapan antisipasi terjadi peningkatan jumlah pasien pandemi virus corona. Kepala BPSDM Sultra, Dr. Hj. Nur Endang Abbas,menjelaskan, ada 6 gedung yang disiapkan khusus bagi pasien OTG dan ODP. Rinciannya, tiga asrama berkapasitas 128 penghuni, gedung media center, guest house dan musalla.

“Untuk persiapan gedung asrama, telah mencapai 90 persen. Berbagai kelengkapan fasilitas kamar seperti, air conditioning (AC), telepon, lemari, dan bed telah terpasang rapi. Tersisa pengadaan horden dan televisi (TV). Kini sementara dalam pemesanan,” ungkap Nur Endang Abbas kepada Kendari Pos, Senin (18/5).

Mantan Kepala BKD Sultra menjelaskan, untuk gedung media center, guest house termasuk mushala sedang dalam tahap pembangunan. Pengerjaan telah bejalan dua minggu dengan durasi kontrak selama dua bulan. Sejauh ini, progresnya sudah mencapai 30 persen. Target, pertengahan Juli telah rampung menyeluruh. Sehingga siap digunakan.

“Pengerjaan gedung isolasi terus dikebut. Para buruh dan tukang bekerja 24 jam dengan sistem shift. Hal ini sebagai bentuk percepatan persiapan serius jika terjadi peningkatan jumlah pasien yang terpapar covid-19. Namun, kita harus optimis dan yakin agar hal itu tidak terjadi. Mudah-mudahan,” harapnya.

Lebih jauh Endang menjelaskan, untuk mencegah agar pasien tidak mengalami stres berat, nantinya akan disediakan ruang karaoke. Sebagai sarana pelipur lara agar pasien senantiasa terhibur. “Pasien yang terpapar covid-19 pasti akan mempengaruhi stabilitas pikiran dan berpotensi mengalami stres. Mengantisipasi agar tidak terjadi, maka nanti akan disediakan fasilitas hiburan karaoke,” terangnya..

Sementara itu, untuk memonitoring dan mengawasi pergerakan pasien, pihaknya akan memasang closed circuit television (CCTV) di titik sentral area yang luasnya 1,2 hektare. “Jumlah CCTV yang akan disiapkan sebanyak 20 buah. Nantinya ditempatkan pada titik khusus untuk memantau pergerakan pasien. Jika ada yang berniat kabur, maka bisa langsung diketahui. Sehingga petugas bisa bertindak cepat,” imbuhnya. (adv/m6)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy