Pemprov Sultra Salurkan 417 Ton Pupuk Buat Petani – Kendari Pos
Nasional

Pemprov Sultra Salurkan 417 Ton Pupuk Buat Petani

Gubernur Sultra Ali Mazi melepas bantuan pupuk NPK nonsubsidi
yang akan diberikan pada petani terdampak Covid-19 di
lima kabupaten. Ia didampingi Wagub Sultra Lukman Abunawas
(dua kanan), Kapolda Sultra Irjen Pol Merdisyam (dua kiri) dan
Danrem 143/Ho Kolonel Inf Jannie Aldrin Siahaan (paling kiri).

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyalurkan 417,15 ton pupuk NPK non subsidi buat petani terdampak pandemi Covid-19, akhir pekan lalu. Bantuan itu disalurkan buat petani di Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Timur dan Bombana. Daerah itu merupakan sentra produksi padi di Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi melepas secara simbolis distribusi bantuan tersebut di Posko Gugus Tugas Covid-19 Sultra. Ia didampingi Wagub Sultra Lukman Abunawas, Pj Sekprov Sultra Laode Ahmad, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra Ari Sismanto beserta unsur Forkopimda.

Pada kesempatan itu, Ali Mazi mengatakan bantuan ini untuk membantu meringankan beban masyarakat petani yang terdampak pandemi agar tetap dapat melakukan produksi.

“Bantuan pupuk NPK non subsidi ini semoga bisa membantu petani bekerja dengan giat. Sehingga hasilnya juga bisa menjamin ketersediaan pangan di Sultra di tengah pandemi yang belum mereda,” tuturnya saat ditemui di Posko Gugus Tugas Covid-19 Sultra.

Sementara itu Kepala Distanak Sultra Ari Sismanto mengatakan bantuan stimulan NPK non subsidi ini diberikan kepada petani yang masuk dalam kategori petani pemula dan petani penggarap dengan kepemilikan lahan kurang dari 1 hektar. Selain itu,terdaftar dalam Sistem Manajemen Informasi Penyuluhan Pertanian.

Dalam penentuan penerima bantuan ini, kata dia, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 masing-masing kabupaten melalui Dinas Pertanian setempat yang dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian tentang usulan calon petani penerima bantuan.

“Saat ini kami baru bisa memfasilitasi pupuk untuk 175 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 3.269 orang tersebar di 5 kabupaten 38 kecamatan dan 112 desa.

Pengadaan dan distribusi pupuk NPK non subsidi ini dilaksanakan oleh distributor pupuk Petrokimia Gresik. Anggaran stimulan pupuk non subsidi ini bersumber dari recofusing APBD senilai Rp 3,5 miliar,” pungkasnya. (yog/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy