Pemprov dan Pemkot Kompak Membangun Ibu Kota Provinsi – Kendari Pos
Nasional

Pemprov dan Pemkot Kompak Membangun Ibu Kota Provinsi

Ali Mazi – Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Hari ini, Kota Kendari genap berusia 189 tahun. Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan serta kemajuan Kota Kendari saat ini. Capaian yang diraih sudah sangat baik dari aspek pembangunan, pemerintahan hingga sosial kemasyarakatan.

“Namun bukan berarti harus berpuas diri. Masih ada banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan oleh Pemkot Kendari. Terlebih lagi sebagai ibu kota provinsi, kinerje Pemkot harus ditingkatkan dalam mendorong kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Ali Mazi saat ditemui di Rumah Jabatan Gubernur Sulta, Jumat (8/5) kemarin.

Politisi NasDem itu mengungkapkan pertumbuhan dan perkembangan Kota Kendari tak lepas dari andil Pemprov Sultra. Ali Mazi mengaku telah menyepakati beberapa hal terkait peningkatan pembangunan Kota Kendari ke depan. “Dalam hal kerja pemerintah, koordinasi antar pemerintah menjadi poin penting untuk melakukan percepatan pembangunan. Untuk itu, ada beberapa poin yang kita sepakati untuk Kota Kendari agar lebih baik ke depan,” terangnya.

Kesepakatan itu antara lain menjadikan Kota Kendari sebagai pusat ibu kota Provinsi Sultra yang lebih baik dan berwibawa. “Bersama Wali Kota Kendari, kita sepakati untuk menjadikan Kota Kendari ini bersih. Dengan kebersihan, itu bisa membuat Kota Kendari berwibawa sebagai ibu kota Provinsi,” ungkap Ali Mazi.

Jalinan kolaborasi dan koordinasi Pemprov dan Pemkot sangat penting dan menentukan langkah Pemkot Kendari dalam menata ibu kota provinsi. “Terlebih lokasi pemerintahan Pemprov Sultra berada di wilayah Kota Kendari. Sebagai wakil pemerintah pusat, tentu hal-hal penting harus dikoordinasikan. Misalnya terkait penanganan covid-19, Pemkot membutuhkan bantuan dana, dan dari hasil koordinasi itu, kita memahami dan ikut memberikan bantuan sebesar Rp 1 miliar,” jelas Ali Mazi.

Kehadiran Wakil Wali Kota Kendari, dr.Siska Karina Imran mendampingi Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir diharapkan percepatan kinerja pembangunan dan penanganan Covid-19 semakin cepat. “Kemarin sudah dilantik wakil wali kota. Dengan formasi lengkap, diharapkan kerja Pemkot Kendari semakin cepat dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Kendari,” tegas Ali Mazi.

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sultra La Ode Ahmad P Bolombo. Ahmad mengungkapkan bahwa Kendari sebagai ibu kota provinsi harus mempresentasikan seluruh daerah sebagai pusat pemerintahan. “Kendari tentu memberikan warna bagi perkembangan seluruh daerah. Di samping pusat pemerintahan dan pembangunan, Kota Kendari juga menjadi pusat penentuan kebijakan,” ujarnya.

Koordinasi yang apik antara Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari akan mendorong percepatan kemajuan pembangunan daerah sehingga berkotribusi pada multiplayer efek kepada daerah lain dari sisi pembangunan daerah, penataan kota dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kota Kendari harus dapat memberikan amenitas pariwisata. Dimana desain besar Pemprov bertujuan untuk membangun sentral pariwisata. “Kota Kendari dapat mengambil peran. Membangun hotel atau fasilitas lain yang dapat menunjang konsep pariwisata yang dicanangkan gubernur,” terang Ahmad Bolombo.

Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu S.Si., M.Si., M.Sc mengapresiasi segala bentuk pencapaian Pemkot Kendari. Menurut orang nomor satu di Universitas Halu Oleo (UHO) ini, visi misi menjadikan Kota Kendari sebagai kota layak huni berbasis ekologi, teknologi dan informasi yang digagas Pemkot Kendari sudah semakin nampak.

“Sejauh ini progres pembangunan Kota Kendari terus berjalan. Berbagai kawasan publik terus ditata seperti salah satu kawasan kumuh yang dijadikan sebagai kampung warna-warni. Dibangunnya beberapa destinasi wisata lokal,” ungkapnya, Jumat (8/5).

Diakui Ketua Kagama Sultra ini, mewujudkan Kota Kendari sebagai kota yang layak huni dengan berbagai macam persoalan bukan hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan pemimpin kreatif dan inovatif untuk membawa Kota Kendari dan masyarakatnya pada gerbang kesejahteraan serta sejajar dengan kota-kota lainnya di Indonesia. “Usia yang ke 189 tahun bukanlah usia yang singkat. Untuk itu, kedepanya semoga Kota Kendari semakin maju, indah, bersih dan aman,” harap Prof.Zamrun.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra, Sofyan mengatakan dengan pencapaian Kota Kendari saat ini, masyarakat patut mensyukurinya dengan menjaga semua sarana dan prasarana yang bangun Pemkot Kendari. Sebab, semua yang dilakukan Pemkot Kendari akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap Kota Kendari dapat terus berkembang dan terus terciptanya situasi kondusif,”kata Sofyan.

Menurut Sofyan, sejumlah terobosan pembangunan telah dijalankan Pemkot Kendari Kota Kendari dalam nakhoda Wali Kota Sulkarnain. Mulai dari penata taman Kota Kendari serta membangun infrastruktur. Di umur 189 tahun ini, diharapkan Kota Kendari dapat terus tumbuh dan maju menjadi kota metropolitan.

Pemkot dalam kendali Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir telah berhasil memberikan pelayanan publik yang terbaik bagi warga. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. “Meskipun kemarin beliau (Sulkarnain, red) hanya seorang diri menahkodai daerah ini (sebelum dr.Siska dilantik menadi wakil wali kota), Sulkarnain berhasil menjalankannya. Terutama pada aspek sisi pelayanan publik,” ujar Subhan kepada Kendari Pos, Jumat (8/5).

Pelayanan dimaksud yakni penerapan pelayanan berbasis digital pada seluruh unit Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saat ini masyarakat yang hendak mungurus administrasi baik di kelurahan maupun di kecamatan itu tidak perlu menunggu lama karena semua sudah online. Ini yang dibutuhkan masyarakat, pelayanan yang cepat dan tepat,” ungkapnya.

Menurut Subhan, sinkronisasi sangat diperlukan agar pembangunan bisa berkelanjutan. Sebut saja pembangunan pemerintahan sebelumnya, dilanjutkan Sulkarnain. “Nah, ini yang saya lihat di pemerintahan Sulkarnain yang begitu bijaksana melanjutkan pembangunan sebelumnya, seperti pembangunan jalan ringroad dan pengerjaan sejumlah proyek strategis lainnya,” tutup Subhan. (yog/idh/ade/ags/b)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy