Pemkab Mubar Tetapkan Besaran Zakat Fitrah, Rp 36 Ribu per Jiwa – Kendari Pos
Muna Barat

Pemkab Mubar Tetapkan Besaran Zakat Fitrah, Rp 36 Ribu per Jiwa

KENDARIPOS.CO.ID — Besaran zakat fitrah untuk Kabupaten Muna Barat (Mubar), sudah ditetapkan. Bupati, LM rajiun Tumada melalui Kabag Kesra Setkab Mubar, La Karimu, membenarkan pemerintah telah menetapkan besaran zakat fitrah 1441 H yang harus dibayarkan masyarakat. “Tahun 2020 ini sebesar Rp 36 ribu per jiwa, menurun dibandingkan tahun lalu yang berjumlah Rp 46 ribu perjiwa,” ungkapnya, kemarin.

La Karimu memaparkan, hasil penetapan besaran zakat fitrah sesuai klasifikasi konsumsi warga. Yang mengonsumsi beras super maka besaran zakatnya sebesar Rp 36 ribu per jiwa, beras kepala Rp 34 ribu per jiwa. Kemudian beras Bulog sebesar Rp 30 ribu per jiwa. Sementara yang mengonsumsi pangan lain seperti jagung sebesar Rp 15 ribu per jiwa. “Penetapan ini berdasarkan surat keputusan Bupati Muna Barat nomor 138 tahun 2020 tentang penetapan besaran nisab zakat fitra dan zakat harta tahun 1441 H/2020 M. Dan besaran zakat ini berdasarkan hasil pantauan Disperindag Mubar di lapangan,” jelasnya.

La Karimu berharap, masyarakat membayar zakatnya di Badan Amil Desa masing-masing. Sebab, untuk sementara Baznas Kabupaten akan melakukan pengawasan agar pelaksanaan pembayaran dapat terorganisir. “Kemungkinan mulai minggu depan masyarakat sudah bisa melakukan pembayaran zakat fitra ini. Kita harapkan sebelum lebaran sudah bisa disalurkan pada masyarakat yang berhak menerima,” pungkasnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy