Pemkab Konawe Pastikan THR 6.000 ASN Dibayar Sebelum Lebaran – Kendari Pos
Konawe

Pemkab Konawe Pastikan THR 6.000 ASN Dibayar Sebelum Lebaran

KENDARIPOS.CO.ID — Senyum pemegang nomor induk pegawai (NIP) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe dipastikan makin semringah. Pemkab sudah memastikan segera membayarkan gaji 14 atau tunjangan hari raya (THR) bagi 6.000-an Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berdinas di wilayah itu. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, HK Santoso menyebut, anggaran sebanyak Rp 25 miliar disiapkan.

“Yang jelas, selain bupati dan wakil bupati, eselon II dan anggota DPRD, asalkan PNS pasti terima THR,” ujar Santoso, Selasa (12/5). Ia menjelaskan, alokasi anggaran THR PNS itu bersumber dari dana alokasi umum (DAU). Di Konawe sendiri, pembayaran THR PNS seharusnya menggunakan suntikan transfer DAU Mei 2020 sekira Rp 31 miliar. Duit transfer pusat itu, lanjut Santoso, lebih rendah dari biasanya disebabkan karena adanya pengurangan DAU yang masuk.

“Seharusnya (transfer) itu Rp 48 miliar. Tetapi, perubahan APBD yang kita kirim ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI ternyata belum memenuhi syarat. Makanya, ada sekira Rp 16 miliar DAU kita yang ditunda pencairannya,” beber Santoso. Dengan demikian, mantan Pj Sekab Konawe itu menambahkan, transfer DAU Konawe di bulan Mei hanya Rp 31 miliar. Itupun, saat ini tersisa Rp 2 miliar saja lantaran Rp 29 miliar sudah lebih duluan dipakai untuk membayar gaji PNS per bulan Mei 2020. Ia menyebut, transfer DAU yang tertunda itulah yang seharusnya dialokasikan untuk pembayaran THR PNS di Konawe.

“Kita masih menunggu penundaan sisa DAU Rp 16 miliar itu dicabut,” ungkapnya. Meski begitu, lanjut Santoso, kalau surat edaran (SE) atau surat keputusan (SK) Menteri Keuangan RI sudah keluar, Pemkab Konawe akan langsung membayarkan THR PNS setempat sesuai ketentuan yang ada. Sebab, sepengetahuannya, ketentuan pembayaran THR PNS itu secepat-cepatnya harus dilakukan sebelum hari raya Idul Fitri, atau jika disesuaikan kemampuan daerah bisa dilakukan 10 hari setelah lebaran. “Tapi kita upayakan sebelum lebaran, THR PNS sudah kita bayarkan,” tandas Kepala BPKAD Konawe itu. (b/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy