Pemkab Kolut Tangguhkan Sementara Tagihan Pajak – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pemkab Kolut Tangguhkan Sementara Tagihan Pajak

KENDARIPOS.CO.ID — Imbas pandemi Covid-19 di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) membuat sejumlah sektor usaha merugi. Meski belum ada kebijakan atau surat resmi yang dikeluarkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah memberikan kebijakan untuk mengangguhkan pembayaran sejumlah pungutan yang harusnya dibayar pengusaha.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Taupiq S, menjelaskan, sejak Maret hingga sekarang, pihaknya sudah tidak lagi melakukan pungutan pajak, meski belum ada pemberitahuan resmi. Begitu juga retribusi pada sejumlah titik pendapatan baik dermaga hingga gerbang By Pass telah dibebaskan untuk sementara waktu. “Ya mau bagaimana lagi. Hotel dan Rumah Makan misalnya, itu sangat sepi saat ini,” ujarnya saat ditemui, Minggu (10/5).

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolut, Taupiq S

Di Kolut setidaknya terdapat 150 unit usaha yang menjadi sumber pendapatan daerah saat ini. Begitu juga pemasukan di sektor pengerjaan fisik semisal tambang galian C tentu juga mendapat imbas dari pengurangan 50 persen itu. Ia merunut, saat ini belum ada rincian pergeseran anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) usai pengurangan dana alokasi umum (DAU) murni dan khusus (DAK), dana bagi hasil (DBH) dan lainnya.

“DAU Kolut itu dikurangi hampir Rp 59 miliar. Sementara kebutuhan penanganan Covid-19 sekitar Rp 21 miliar. Kami harus mencari sisanya sembari mengkalkulasi kekurangan dari sektor pendapatan,” papar Taupiq. Bulan ini pihaknya melalui Bappeda mengupayakan tuntas menghitung kekurangan keuangan dari sejumlah sumber pendapatan. Makanya, belum ada penyaluran BLT karena harus dilakukan pergeseran dana APBD. “Kami juga sudah melaporkan ini ke pusat pasca pengurangan DAU dan DAK,” pungkasnya. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy