Pemkab Kolaka Adakan 1.000 Unit Rapid Test – Kendari Pos
Kolaka

Pemkab Kolaka Adakan 1.000 Unit Rapid Test


KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka. Salah satu cara yang dilakukan dengan melakukan rapid test pada sejumlah warga yang berpotensi terjangkit virus mematikan tersebut. Agar usaha tersebut dapat berjalan dengan baik, maka Pemkab Kolaka mengadakan alat rapid test. Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri, mengungkapkan, pihaknya telah mengadakan 1.000 pcs alat rapid test. Dengan demikian, alat rapid test yang ada di Kolaka kini sebanyak 11.065 pcs.

“Selain 1.000 pcs yang kami anggarkan itu, juga ada bantuan dari Pemprov Sultra sebanyak 65 unit. Sedangkan 10 ribu pcs lainnya berasal dari bantuan PT Vale Indonesia,” ungkapnya saat dihubungi Rabu (27/5). Harun menuturkan, awalnya pihaknya berencana mengadakan 5.000 pcs alat rapid test. Namun karena adanya bantuan dari perusahaan tambang dan Pemprov Sultra tersebut, maka pihaknya hanya mengadakan 1.000 pcs.

“Alat rapid test hanya sekali pakai dan sebagian sudah digunakan. Harga alat rapid test Rp 250 ribu per pcs,” tuturnya. Harun menjelaskan, rapid test hanya digunakan untuk mendeteksi Covid-19 pada sejumlah warga yang berpotensi terpapar virus mematikan tersebut. Dengan demikian maka tidak semua warga Bumi Mekongga akan menjalani rapid test.

“Yang sudah dan sementara dirapid test adalah petugas kesehatan mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas sampai ke desa. Juga ASN yang karena tugas harus keluar memberikan pelayanan, awak media, pelaku pasar, ODP, OTG, ODR, masyarakat karena kebutuhan khusus, serta gugus tugas. Jumlah alat rapid test yang sudah digunakan lebih dari 4.000u pcs. Adapun warga yang mengikuti protokol kesehatan tidak perlu dirapid test,” jelasnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy