Pemkab Butur Perpanjang Tanggap Darurat Hingga 9 Juni – Kendari Pos
Buton Utara

Pemkab Butur Perpanjang Tanggap Darurat Hingga 9 Juni

Abu Hasan

KENNDARIPOS.CO.ID — Berbeda dengan Pemerintah Pusat yang mulai melonggarkan ruang gerak masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) masih tetap waspada dan memperpanjang masa tanggap darurat Covid-19. Aparatur Sipil Negara dan Satuan Pendidikan masih diliburkan hingga 9 Juni mendatang sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus mematikan tersebut. “Saya tidak ingin terlena dengan adanya kebijakan “New Normal” sehingga mengurangi kewaspadaan untuk memerangi Covid-19. Olehnya itu, surat edaran kewaspadaan dan pencegahan penyebaran virus corona diperpanjang hingga 9 Juni. Sekolah dan ASN untuk eselon tertentu tetap diliburkan,” ujar Abu Hasan.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Butur itu menegaskan, keselamatan masyarakat merupakan prioritas utamanya. Kendati demikian, Abu Hasan tak menampik, pemerintah saat ini diperhadapkan pilihan rumit antara keselamatan warga atau memulihkan ekonomi. Salah satunya, solusi digaungkan New Normal melonggarkan interaksi masyarakat dengan tetap menaati protokoler kesehatan jaga jarak dan tetap mengenakan masker.

Surat edaran nomor 800/350 Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Terhadap Corona Virus Desease (Covid-19) seluruh pelayanan publik beroperasi seperti biasa dan dilakukan di rumah masing-masing kecuali Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II), administrator, Pengawas Sekretariat (eselon IV) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dengan tetap memperhatikan upaya-upaya pencegahan penyebaran Corona virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kemudian tetap meliburkan siswa TK, SD dan SMP mengganti dengan kegiatan belajar di rumah, menunda kegiatan outing class, study tour atau sejenisnya pada satuan pendidikan dan menutup sementara fasilitas umum, tempat wisata dan sejenisnya untuk digunakan,” ujar Abu Hasan. Ia menegaskan, agar pihak terkait tidak memberikan izin keramaian dalam bentuk apapun dan menunda melaksanakan kegiatan mobilisasi pegawai serta masyarakat dalam jumlah besar. Juga tidak melaksanakan perjalanan dinas luar daerah bagi ASN dan meniadakan sementara kegiatan apel pagi dan sore, upacara serta senam Jumat.

“Termasuk menunda kegiatan kunjungan kerja dan penerimaan tamu, melengkapi petugas pelayanan dengan masker, menyediakan sarana cuci tangan berupa air mengalir dan hand sanitizer. Semua harus ikut terlibat aktif dalam pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 sesuai dengan peran dan fungsinya,” tegas Butur-1 itu. (adv/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy