Pemkab Buteng Tetapkan Nominal Pembayaran Zakat – Kendari Pos
Buton Tengah

Pemkab Buteng Tetapkan Nominal Pembayaran Zakat

H. Kostantinus Bukide


KENDARIPOS.CO.ID — Jelang perayaan Idul Fitri 1441 hijriah pada tahun 2020 masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) telah menetapkan besaran nominal zakat fitrah. Para aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkab Buteng, baik yang berdomisili di luar daerah diwajibkan membayar zakat di daerah berjuluk Negeri Seribu Gua tersebut.

Penegasan itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buteng, H. Kostantinus Bukide. “Untuk membayar zakat, Rp 35 ribu per jiwa. Jadi, hitungannya Rp 10 ribu per liter beras, terhitung Rp 35.000 per jiwa karena 3,5 liter, ditambah dengan infak Rp 5.000, sehingga totalnya itu Rp 40.000 per jiwa,” ujarnya, Rabu (13/5). Sedangkan untuk zakat di luar beras seperti jagung, sebesar Rp 17.500, ditambah infak Rp 5.000, sehingga menjadi Rp 22.500 per jiwa.

Kostantinus mengatakan, bagi masyarakat yang ingin berzakat sudah bisa melaksanakannya. “Untuk keseluruhan ASN Buteng sangat wajib membayar zakat di sini (Buteng). Karena mereka terima gaji dari APBD Buteng. Jadi tujuannya, agar gaji yang bersumber dari APBD, bisa dirasakan masyarakat fakir miskin yang ada di daerah ini,” tegasnya.

Sedangkan untuk pembayaran zakat fitrah sendiri, Kostantinus memaparkan, proses pembayaran bagi para ASN yang bertugas di Buteng, akan dipotong langsung dari rekening gaji oleh Bendahara Unit Pengelola Zakat (UPZ). “Saat ini, Kita sudah bentuk UPZ,” harapnya. (c/rud)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy