Pemdes Tojabi Kolut Garap 14 Item Pengerjaan Fisik – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pemdes Tojabi Kolut Garap 14 Item Pengerjaan Fisik

KENDARIPOS.CO.ID — Sepanjang tahun 2020 ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Tojabi, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) menargetkan akan menuntaskan 14 item pengerjaan fisik. Selain itu, pihaknya juga konsen pengadaan alat kesehatan hingga program pemeriksaan kesehatan gratis bagi semua warga.

Aktivitas pembangunan yang dilakukan Pemdes Tojabi, Kecamatan Lasusua. tahun ini dengan DD yang ada, ditargetkan dapat menuntaskan 14 item pengerjaan fisik.

Kades Tojabi, Sukirman, menjelaskan, untuk pengerjaan fisik seperti jalan terdapat tiga kegiatan, diantaranya pengerasan jalan desa Rp 81,7 juta, jalan pemukiman Rp 228,2 juta, jalan tani Rp 30 juta serta sarana pelengkap drainase Rp 161,8 juta. “Kami juga merehab Balai Desa senilai Rp 50 juta dan penyusunan dokumen rencana tata ruang Rp 15,5 juta,” rincinya, kemarin.

Di bidang pendidikan, pengadaan honor dan pakaian lembaga non formal milik desa setempat dialokasikan juga sebesar Rp 93,6 juta, sarana penunjang termasuk alat atau media bermain PAUD Rp 11 juta serta pengembangan dan pembinaan sanggar seni Rp 40 juta. Belanja khusus olahraga juga diporsikan Rp 40 juta, dana dukungan siswa miskin dan berprestasi Rp 32,5 juta serta pemelihataan belanja kendaraan motor dinas Rp 20 juta. “Total Rp 177,1 juta,” ungkap Sukirman.

Untuk sektor kesehatan, Pemdes Tojabi memporsikan Rp 58,8 juta untuk pembelian obat, intensif dan KB. Upah honorer dikalkulasi senilai Rp 49 juta, belanja barang dan jasa Rp 9 juta, makanan tambahan, kelas Bumil dan Lansia sebesar Rp 13,4 juta termasuk dana siaga kesehatan Rp 73,7 juta dengan total keseluruhan Rp 146,4. “Masyarakat saya gratis berobat termasuk memeriksa kesehatan karena kami sudah siapkan dana itu untuk mereka. Total anggaran dana kami keseluruhan Rp 910,1 juta dana pembangunan di desa serta Rp. 393,9 juta untuk penyelenggaraan pemerintahan,” tandas Sukirman. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy