Pemdes Salurengko Kolut Tingkatkan Infrastruktur Wilayah – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pemdes Salurengko Kolut Tingkatkan Infrastruktur Wilayah

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga periode menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Salurengko di Kecamatan Wawo Kabupaten Kolaka Utara, Sampe Silauwan, terus berusaha maksimal meningkatkan sarana infrastruktur yang memadai. Sampe Silauwan menjelaskan, saat ini pihak Pemerintah Desa (Pemdes) sedang menuntaskan pengerjaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) yang tertunda pembangunannya pada 2019 lalu di Dusun III. Tahap pertama bangunan itu telah menghabiskan dana Rp 150 juta diluar pembelian lahan senilai Rp 40 juta. “Lanjut tahun 2020 ini, kami alokasikan anggaran Rp 98 juta lebih,” ujar Sampe Silauwan.

Lanjutan pembangunan SKB itu termasuk biaya timbunan, talud, pemasangan lantai ubin dan plafon. Sementara itu sebagian biaya atapnya sebanyak 122 lembar disokong menggunakan dana pribadi karena tidak mencukupi biaya pengadaan sebesar Rp 10 juta. “Belum dianggarkan. Sepaya cepat selesai, saya danai dulu. Yang mengangkut material timbunan itu kan truk saya sendiri. Separuh itu untuk membeli atap yang dipesan dari Makassar,” ungkap Sampe Silauwan.

pengerjaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)

Selain SKB, ia menyebut pekerjaan fisik lainnya 2020 ini berupa pengerjaan drainase sepanjang 30 meter senilai Rp 20 juta dan 100 meter lainnya dengan anggaran Rp 110 juta bertempat di Dusun III dan IV. Sedangkan program inovasi desa pihaknya membangun bak penampungan bagi para petani untuk memenuhi kebutuhan air penyemprotan di lahan-lahan perkebunan sebesar Rp 70 juta. “Beronjong juga ada sepanjang 140 meter yang menghabiskan dana Rp 300 juta. Saya terus memaksimalkan pengerjaan fisik, sebelum masa pensiun. Biar nanti dikenang hasil kerja ini. Selepas pensiun saya akan berkebun dan sudah ada hasil yang bisa dikenang dan dibanggakan,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy