Pemdes Langara Bajo Belanja 16 Mesin Perahu – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

Pemdes Langara Bajo Belanja 16 Mesin Perahu

ilustrasi


KENDARIPOS.CO.ID — Sarana pendukung nelayan dalam melakukan aktivitad tangkap ikan, tidak semua terakomodir. Adanya pendemi Covid-19, memaksa Pemerintah Desa (Pemdes) Langara Bajo, Kecamatan Wawonii Barat di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), memangkas anggaran dana desa (DD) untuk dialihkan menangani virus corona tersebut. Hanya 16 unit mesin perahu tempel yang bisa dibelanjakan Pemdes dari DD tahap I 2020. Sementara, 12 mesin ketinting dan dua buah perahu, baru akan diadakan pada pencairan DD tahap berikutnya.

Kepala Desa (Kades) Langara Bajo, Lukman, mengatakan, pihaknya menganggarkan hingga Rp 200 juta untuk belanja 16 unit mesin penggerak perahu tersebut. Selain belanja untuk kebutuhan nelayan, DD tahap I juga diperuntukan untuk membayar insentif kader Posyandu dan pelatihan sistem keuangan desa (Siskeudes). “Ada 12 mesin ketinting dan dua buah perahu yang kita tidak akomodasi dulu karena adanya wabah corona. Untuk 16 mesin saat ini masih proses pengiriman,” kata Kades Langara Bajo, Lukman, saat ditemui, kemarin.

Ia mengatakan, selain berdampak pada pengadaan alat pendukung untuk nelayan, jembatan titian di Dusun I yang dikerja tahun ini juga belum dapat dilanjutkan. Anggaran yang diporsikan di DD tahap satu sekira Rp 188 juta, juga dialihkan untuk penanganan Covid-19. “Kita akan lihat perkembangan virus corona ini. Kalau cepat berakhir, anggaran yang dialihakan di tahap I, kita akan anggarakan kembali di tahap II,” tandas Lukman. (c/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy