Pekan Depan Sengketa Pengosongan Lahan Eks PGSD Diputus Pengadilan – Kendari Pos
Metro Kendari

Pekan Depan Sengketa Pengosongan Lahan Eks PGSD Diputus Pengadilan

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya pengosongan lahan eks PGSD terus dilakukan Pemprov Sultra. Gugatan serta merta telah dilayangkan Pemprov ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari sejak Februari lalu. Kini, sidang pengosongan lahan telah masuk tahap akhir. Jika tidak ada aral, gugatan tersebut bakal diputuskan pekan depan.

Kepala Biro Pemerintahan Setprov Sultra, Ali Akbar mengaku lebih memilih jalur hukum dibandingkan mengerahkan satpol PP untuk mengosongkan lahan eks PGSD. Makanya, pihaknya memilih mengajukan gugatan serta merta ke pengadilan. “Kita sudah ajukan gugatan serta merta. Sidangnya sudah berlangsung beberapa kali. Kemungkinan minggu depan sudah ada putusanya,” beber Ali Akbar.

Lahan sengketa Eks PGSD

Jika sudah ada putusannya, Pemprov tidak akan turun ke lokasi melakukan pengosongan. Pasalnya, kewenangan pengosongan menjadi domain Pengadilan. Kendati demikian, pihaknya tetap melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pengadilan. “Jadi, kita tunggu saja. Nanti, juru sita pengadilan yang akan melakukan eksekusi,” jelasnya.

Alas hak yang menjadi dasar Pemprov lanjut mantan Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) ini, telah mendapat pengakuan. Gugatan penggugat atas lahan tersebut telah ditolak dan telah berkekuatan hukum tetap. Makanya, ia optimis gugatan pengosongan lahan itu akan berjalan mulus.
Pemprov tetap membuka ruang bagi warga yang ingin memanfaatkan lahan tersebut. Hanya saja, harus sesuai prosedur. “Selagi pemerintah belum memanfaatkan aset itu, warga yang beraktifitas di kawasan PGSD bisa bermohon. Yang penting, mereka tidak keberatan untuk pindah atau melepaskan jika lahan itu akan digunakan Pemprov,” ujarnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy