PBM Tatap Muka Tunggu Kebijakan Kemendikbud – Kendari Pos
Edukasi

PBM Tatap Muka Tunggu Kebijakan Kemendikbud

Proses belajar mengajar siswa SD 04 Kendari.

Proses belajar mengajar siswa SD 04 Kendari beberapa waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM) tatap muka di Kota Kendari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih menunggu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Hal itu disampaikan Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas), Muchdar Alimin, Kamis (7/5).

Saat ini, PBM tatap muka di sekolah diganti menggunakan sistem Dalam jaringan (Daring) baik SD, SMP, yang pelaksanaannya sejak Maret lalu.

Menurut Muchdar, pembelajaran Daring merupakan alternatif terbaik pengganti tatap muka antara guru dan siswa saat ini, sejauh ini pelaksanaannya tidak mengalami kendala yang berarti. Mengingat antara guru dan orang tua siswa menjalin komunikasi yang baik terkait perkembangan anak di rumah.

“Jadi sekarang kita masih menunggu regulasi dari Kemendikbud RI terkait kapan PBM tatap muka digelar kembali, sambil melihat situasi Kota Kendari,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Ia pun menuturkan, berdasarkan Kemendikbud masa tanggap penanganan Covid-19 di Indonesia khususnya di Kendari sampai 1 Juni 2020 mendatang.

“Jadi pembelajaran selama Ramadan di rumah saja ditekankan pada kegiatan ibadah (pendidikan karakter) sampai 1 Juni 2020, tentu ada penilaian khusus siswa yang menjalankan kegiatan ibadah. Dibuktikan dari format laporan yang diisi orang tua,” ucapnya.

Bulan Ramadan ini, sambung dia, PBM tidak ditekankan pada penyelesaian bahan ajar semata, melainkan paling penting pendidikan karakter peserta didik di rumah yang diutamakan.

“Saya berharap, dimasa pandemi Covid-19, siswa tidak henti-hentinya semangat belajar menimbah ilmu adari rumah menimbah ilmu. Serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), gunakan masker, selalu berdoa agar virus ini dijauhkan dan cepat berlalu,” pungkasnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy