Pastikan Penerima Bansos Tepat Sasaran, LPK Sultra Turun Mendata – Kendari Pos
Metro Kendari

Pastikan Penerima Bansos Tepat Sasaran, LPK Sultra Turun Mendata

Sulaiman

KENDARIPOS.CO.ID — Untuk memastikan penyaluran bantuan sosial (Bansos) tepat sasaran, Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Sultra turut andil melakukan pendataan. Apalagi penyaluran bansos di masa pandemi virus corona cukup masif. Tidak hanya bantuan sembako yang digalang Pemda, namun juga dikucurkan pemerintah pusat seperti BLT (Bantuan Langung Tunai), PKH (Program Keluarga Harapan), Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga Kartu Pra Kerja.

Ketua LKP Sultra, Sulaiman mengungkapkan banyak menerima laporan adanya penyaluran bansos yang tidak tepat sasaran. Misalnya, penerima BLT yang secara ekonomi memiliki kemampuan. Sementara yang tidak namun justru tak kebagian. Untuk memastikan kebenarannya, pihaknya turun lapangan.

“Kami menerima laporan di seluruh daerah di Sultra. Keluhannya, distribusi bantuan tidak merata. Bahkan ada yang tidak kebagian. Untuk itulah, kami turun lapangan menyisir rumah warga “door to door” untuk melakukan pendataan,” kata Sulaiman saat dikonfirmasi, Rabu (27/5).

Jika dalam proses pendataan terdapat temuan-temuan yang cacat prosedural kata dia, selanjutnya akan disampaikan ke instansi terkait. Proses pendataan akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, pihaknya akan menyasar daerah yang dianggap memiliki catatan potensi penyalahgunaan distribusi bantuan yang cukup besar.

“Lokasinya telah kami kantongi. Panduannya merujuk pada laporan-laporan yang masuk. Meksi begitu, kami belum bisa memastikan kebenarannya. Semua akan terjawab ketika dilakukan penelusuran nanti,” jelasnya.

Pendataan ini sambungnya, merujuk pada UU nomor 88 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen termasuk Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Pemendes-PDTT) untuk senantiasa melakukan pengawasan penyaluran BLT. “Kita berharap, tidak terjadi penyelewengan dalam distribusi bantuan. Apalagi ditengah musibah akibat wabah virus corona. Jika ditemukan terjadi, pelakunya harus ditindak dengan tegas,” tutupnya. (b/m6).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy